Mengintip Dapur Pembuatan Bakpia di Wisata Kampung Bakpia Kejapanan

Di Kejapanan, Pasuruan terdapat sebuah kampung yang sebagian besar warganya bekerja membuat jajanan bapkia. Yuk intip dapur mereka.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/wiwit purwanto
Kampung Pia Kejapanan di Gempol Pasuruan berangsur membaik meski tidak seramai dulu sebelum masa pandemi 

SURYATRAVEL, PASURUAN - Bakpia adalah salah satu jajanan favorit di Indonesia yang kerap dijadikan oleh-oleh. Tak heran, di beberapa daerah kemudian muncul wisata kampung bapkia.

Kampung Bakpia ini salah satuya ada di Desa Kejapanan, Gempol Pasuruan. Dari Surabaya desa ini berada di sebelah Selatan atau arah ke Malang. Di kampung ini sebagian besar warganya membuat jajanan bakpia.

Cukup mudah untuk mencari kampung ini, saat melintas di sekitar Tol Gempol-Pandaan, akan terlihat sebuah plang besar bertuliskan “Kampung Pia”, yang berada di Dusun Warurejo, Desa Kejapanan.

Kampung satu ini dikenal sebagai sentra bakpia dengan beragam rasa dan harga. Hampir setiap rumah selalu disibukkan dengan kegiatan pembuatan bakpia atau pia, jadi tak heran ketika masuk ke kampung ini, pasti tercium bau harum pia yang masih segar dan fresh from the oven.

Di kampung pia ini pengunjung bisa melihat langsung proses produksi hingga jadi dan dijual ke pelanggan, Sebagian memang sudah ada pesanan, tapi banyak juga yang memang untuk stok toko.  

Misnawiyah (60) salah satu pembuat bakpia mengatakan dalam masa pandemi seperti saat ini warga yang membuat bakpia sangat terimbas karena sepi pembeli.

“Sebelum pandemi dulu banyak wisatawan yang datang, mereka kalau dari Malang biasanya mampir ke sini rombongan,” katanya.

Namun saat pandemi datang kampung bakpia ini menjadi sepi pengunjung. Hampir selama setahun  berjalan, kondisi di Kampung Bakpia mulai berangsur membaik.  “Alhamdulillah sekarang sudah agak ramai pembeli, “ kata Misnawiyah, yang juga  pemilik Toko Pia  Khodijah.

Firyantini, penjual bakpia lainnya dari Toko RB juga merasakan hal yang sama, namun sekarang setiap hari khususnya Hari Jumat dan Sabtu Kampung Bakpia ini sudah mulai ramai. “Ada saja pembeli, khususnya pada Hari Jumat dan Sabtu sekarang sudah ramai lagi,” tandasnya. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved