Potensi Wisata Alam dan Sport Tourism di Ngawi Bikin Kemenparekraf Kesemsem 

Potensi wisata alam dan sport tourism di Kabupaten Ngawi menarik perhatian Kemenparekraf untuk mengembangkan lebih lanjut.

ist
Srambang Park di Ngawi yang instagramable 

SURYATRAVEL, NGAWI - Potensi wisata di Kabupaten Ngawi menarik perhatian Kemenparekraf untuk mengembangkan lebih lanjut.

Kabupaten yang terletak di ujung barat Provinsi Jawa Timur ini ternyata memiliki beberapa julukan, salah satunya adalah Kota Bambu.

Julukan ini diyakini menjadi asal-usul dari nama kabupaten tersebut dimana nama Ngawi berasal dari kata “awi” yang berarti bambu karena berada di pinggir Sungai Bengawan Solo yang banyak ditumbuhi bambu.

Ngawi sendiri memiliki banyak potensi wisata dan produk kreatif berkearifan lokal yang lengkap  seperti wisata alam, sejarah, kuliner, budaya, hingga sportourism.

Kondisi ini cocok apabila  dipadukan dengan pengembangan ekowisata yang berkaitan erat dengan desa wisata. Selain itu, Ngawi juga memiliki potensi di bidang agrowisata yang tak kalah menarik mengingat Ngawi memiliki banyak industri pangan.

Bagi pecinta wisata alam misalnya, ada Air Terjun Pengantin yang berasal dari dua sumber mata air berbeda. Lalu  wisata sejarah dan edukasi tentang fosil-fosil dan manusia purba di Museum Trinil. Wisata kuliner lethok pecel dengan bumbu lethok  yang berasal dari tempe segar dan tempe setengah busuk yang dihaluskan.

Selain itu juga ada potensi  sport tourism sembari menikmati pemandangan alam, hingga melihat tradisi Keduk Beji atau penggantian kendi yang disimpan di pusat sumber air.

“Kemenparekraf tengah menggencarkan program pendampingan dan pengembangan wirausaha di desa wisata. Program ini juga dapat dilaksanakan di desa-desa wisata yang ada di Ngawi sebagai upaya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pascapandemi nanti,” tulisnya.

Sejumlah potensi wisata misalnya wisata alam kebun Teh Jamus dan Air Terjun Pengantin. Air Terjun Pengantin  memiliki sajian pemandangan yang teduh sekaligus menyegarkan lantaran adanya air terjun kembar.

Lokasi air terjun berada di lereng Gunung Lawu, maka tak heran kalau hawa di sekitar Air Terjun Pengantin terasa sejuk.

Air Terjun Pengantin juga memberikan nuansa romantis, dengan kehadiran Gembok Tresno yang bisa digunakan para pasangan untuk mengikatkan cinta mereka.

Sementara untuk sportourism ada Waduk Pondok yang juga menjadi arena bermain Jetski. Tempat wisata ngawi terbaru dengan menyuguhkan pemandangan alam yang indah, Di sini, bisa berwisata air dengan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti memancing ikan, berkeliling waduk menggunakan perahu atau jetski, berfoto dan menikmati suasana sekitar.

Ada waktu yang paling direkomendasikan saat ingin liburan ke sini, yaitu pada bulan Muharram. Dimana biasanya akan ada sebuah ritual unik yang dilakukan oleh masyarakat sekitar yaitu Ritual Nyadran yang kerap menyedot perhatian banyak orang.

Potensi wisata lainnya adalah Paralayang di Desa Wisata Wonosari.  Pesona wisata paralayang ini merupakan Tempat Wisata baru dikota Ngawi yang berada di perkebunan teh Desa Wonosari Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi.

Selain itu masih di Ngawi ada Desa Wisata Brubuh, Desa Brubuh mempunyai area persawahan yang luas, sumber mata air yang jernih dengan debit yang besar, serta kekayaan sungai yang sangat menarik untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata desa.(wiwit purwanto)

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved