Pendaki Gunung Semeru Bisa Daftar dan Rescheduling Jadwal Pendakian Secara Online, Begini Caranya

Setelah jalur pendakian Gunung Semeru dibuka kembali, Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru membuka dan memberi kesempatan untuk rescheduling

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
Instagram humas BBTN Bromo Tengger Semeru
Pembersihan jalur pendakian gunung Semeru sebelum dibuka kembali mulai 1 April 2021 

SURYATRAVEL, PROBOLINGGO - Setelah jalur pendakian Gunung Semeru dibuka kembali, Balai Taman Nasional (TN) Bromo Tengger Semeru membuka dan memberikan kesempatan untuk rescheduling.

Untuk pendakian diharuskan melakukan pendaftaran secara online, atau melakukan rescheduling bagi yang sudah mendaftar tapi tertunda karena penutupan kemarin.

Melihat di  situs resmi TN Bromo Tengger Semeru, rescheduling pendakian hanya khusus mereka yang gagal mendaki pada tahun 2019 dan 2020.

Apabila sebelumnya sudah melakukan pemesanan untuk pendakian pada periode penutupan jalur pendakian Gunung Semeru, makabisa melakukan penjadwalan ulang untuk periode pendakian terbaru.

Berikut cara reschedule pendakian Gunung Semeru :

1. Masuk ke situs reschedule, dan melakukan verifikasi kode booking online dengan mengakses laman reschedule.bromotenggersemeru.org.

2. Setelah itu, masukkan kode booking yang sudah ada ke kolom pencarian yang sudah disediakan pihak Balai TN Bromo Tengger Semeru. Verifikasi email atau nomor HP.

3. Langkah berikutnya yakni verifikasi via email atau nomor HP yang dipakai saat melakukan booking sebelumnya.

4. Apabila sudah verifikasi melalui email atau nomor HP, sebuah laman bertuliskan “Syarat dan Ketentuan Jadwal Ulang” akan muncul.

Salah satu aturan yang tertera pada laman tersebut adalah pendakian dilakukan dalam bentuk kelompok kecil dengan jumlah pendaki 3-7 orang. Pada laman tersebut, pastikan membaca dan memahami seluruh aturan yang ada.

5. Jika sudah, klik kotak yang menyatakan jika sudah memahami dan menyetujui seluruh syarat yang ada. Lalu klik “Submit”. Pilih jadwal pendakian baru .

6. Tahap selanjutnya adalah memilih bulan dan tanggal pendakian baru. Kemudian, klik pada kolom kuota pendakian. Adapun, angka yang tertera pada kolom pendakian merupakan sisa kuota yang tersedia. Jika sudah penuh, ada baiknya tidak memaksakan diri dan pilih tanggal lain.

7. Selanjutnya adalah kolom data ketua dan anggota kelompok pendakian. Pastikan mengisinya dengan benar. Apabila ada perubahan, klik simbol pensil yang berada pada sisi kanan kolom.

8. Apabila sudah mengisi seluruh kolom data ketua dan anggota kelompok, pastikan kembali seluruh data yang dimasukkan benar. Terkait email, masukkan email yang masih aktif karena simaksi akan dikirim ke email tersebut.

9. Selanjutnya, klik kotak yang menyatakan bahwa telah mengisi seluruh data dengan benar lalu klik “Kirim”.

10. Cetak bukti reschedule Setelah melakukan penjadwalan ulang, periksa email secara berkala untuk memastikan bahwa simaksi dan pemberitahuan soal penjadwalan ulang sudah masuk. Jika tidak ada dalam kotak pesan terbaru, kamu bisa cek kotak spam.

Apabila sudah menerimanya, cetak file sebanyak dua rangkap. Satu untuk dibawa pendaki, satu untuk diberikan ke petugas loket pada hari pendakian. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved