Dongkrak Wisata Religi di Kota Pahlawan, Pemkot Surabaya Siap Bangun "Little Mekkah" di Ampel

Pemerintah Kota Surabaya berencana mengembangkan destinasi wisata religi Sunan Ampel. Konsep yang disiapkan: Little Mekkah. 

Editor: eben haezer
suryatravel/istimewa
Makam Sunan Ampel di Surabaya 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya berencana mengembangkan destinasi wisata religi Sunan Ampel. Konsep yang disiapkan: Little Mekkah

Ancang-ancang pun sudah mulai dilakukan. Di antaranya, menjalin koordinasi antara jajaran Pemkot Surabaya dan warga di sekitar kawasan wisata tersebut.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memaparkan, pengembangan wisata religi Sunan Ampel itu bakal ditempatkan di area Rumah Potong Hewan (RPH). Sehingga, RPH tersebut bakal dipindahkan oleh pemkot.

"Setelah itu kami jadikan tempat wisata Ampel," jelas Eri ketika dikonfirmasi di Surabaya. 

Eri menyebut, pengembangan ini bertujuan untuk memperkuat wisata di Surabaya. Khususnya, wisata berkonsep religi. 

Warga akan mendapatkan hikmahnya. Khususnya, bagi warga di kawasan wisata Sunan Ampel yang terletak di bagian Utara Kota Pahlawan ini.

"Kami berharap ekonomi Surabaya Utara bergerak. Lewat menarik (wisatawan) semuanya dan masyarakat (setempat) bisa merasakan, jangan sampai pembangunan tidak merata," terangnya. 

"Saya berharap nantinya yang mulai menjalankan adalah warganya juga betul-betul menggerakkan perekonomian warga," imbuhnya.

Wisata religi Sunan Ampel mempunyai daya tarik tersediri. Tidak hanya warga Surabaya, namun hingga wisatawan dari kota atau kabupaten lainnya.

Ia menjamin bahwa pihak Pemkot Surabaya akan menjamin kenyamanan wisatawan yang mendatangi tempat itu. "Kita akan support penuh agar merasa nyaman di surabaya dan mereka bisa menggunakan fasilitas dari orang Surabaya," katanya.

Kawasan wisata religi Ampel memang menjadi ikon Kota Surabaya. Hampir tidak pernah sepi dari wisawatan yang ingin berziarah ke makam Sunan Ampel apalagi saat Ramadhan. 

Pada 2019 (sebelum pandemi) misalnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, mencatat ada 1.968.452 orang yang berkunjung ke Ampel selama Januari–Desember 2019. Angka tersebut naik 786.382 orang daripada tahun sebelumnya. Pada 2018, jumlah peziarah hanya 1.182.070 orang.

Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono menyambut baik inisiatif Pemkot Surabaya yang ingin mengembangkan kawasan Ampel menjadi Little Mekkah

"Wisata religi di Ampel, ditata dan agar mendatangkan manfaat sebesar-besarnya,” ujar Adi.

Di samping wisata Ampel, Surabaya mempunyai banyak destinasi pariwisata. “Potensi-potensi wisata itu dikembangkan termasuk wisata budaya," katanya. 

"Misalnya tradisi sedekah bumi masih cukup banyak di daerah-daerah di kota Surabaya yang itu membutuhkan sentuhan dan perhatian dari pemerintah kota Surabaya,” ucap Adi. (bobby c koloway) 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved