Mulai 3 April Wisatawan Mancanegara Boleh Kunjungi TWA Kawah Ijen

Mulai 3 April 2021, Wisatawan mancanegara (wisman) bisa mengunjungi kawasan taman wisata alam (TWA) Kawah Ijen.

ist
Taman wisata alam Kawah Ijen di Kabupaten Bondowoso. 

SURYATRAVEL, BONDOWOSO - Wisatawan mancanegara (wisman) kini bisa mengunjungi kawasan taman wisata alam (TWA) Kawah Ijen.

Itu menyusul adanya surat edaran (SE) Direktorat Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Konservasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya (BBKSDA) Alam Jawa Timur terkait pembukaan destinasi wisata tersebut.

Kepala Seksi Konservasi BBKSDA Wilayah V, Purwantono mengatakan surat itu diterbitkan pada 31 Maret 2021.

Berdasarkan isi surat, pembukaan TWA Kawah Ijen untuk wisman berlaku mulai 3 April 2021.

"Benar, TWA Kawah Ijen sudah dibuka untuk wisatawan mancanegara sedari 2 hari lalu (3 April). Jam kunjungannya mulai pukul 03.00 WIB sampai 12.00 WIB," katanya kepada Surya melalui sambungan telepon, Senin (5/4).

Kendati sudah dibuka, jumlah wisman yang berkunjung ke TWA Kawah Ijen hanya segelintir saja.

Biasanya, wisman yang melancong berasal dari Asia, bahkan Eropa. Fenomena alam api biru (blue fire) jadi daya tarik bagi para wisatawan.

"Kunjungan wisman belum terlalu menggeliat. Tercatat sampai sekarang baru 2 orang saja," sebutnya.

"Faktor yang mempengaruhi karena pengumuman pembukaan terbilang mendadak. Selain itu, bagi wisawatan yang hendak berkunjung ke TWA Kawah Ijen harus memesan tiket secara daring di laman Ijenbluefire.bbksdajatim.org terlebih dulu," tambahnya.

Ada beberapa syarat yang harus mereka patuhi sebelum berwisata ke Kawah Ijen. Seperti mengurus visa atau izin tinggal, mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan Menteri Kesehatan (Menkes).

Jumlah pengunjung TWA Kawah Ijen di era new normal dibatasi. Pada hari biasa 350 wisatawan. Sedangkan hari libur sebanyak 450 pengunjung.

"Pembukaan untuk wisman ini juga akan dievaluasi selama tiga bulan. Dan akan dilaksanakan dengan pertimbangan yang ada di lapangan," pungkasnya. (danendra)

Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved