Ruwat Rojokoyo, Tradisi Memandikan Sapi Menjelang Ramadhan di Gresik

Ruwat Rojokoyo merupakan tradisi memandikan ternak sapi menggunakan air dari sebuah senang kuno bernama sendang Bidadari. 

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/willy abraham
Tradisi Ruwat Rojokoyo di Gresik yang digelar menjelang Ramadhan. 

SURYATRAVAL, GRESIK - Menyambut datangnya bulan Ramadhan, warga desa Gosari, kecamatan Ujungpangkah, kabupaten Gresik menggelar tradisi Ruwat Rojokoyo.

Ruwat Rojokoyo merupakan tradisi memandikan ternak sapi menggunakan air dari sebuah senang kuno bernama sendang Bidadari. 

Tradisi Ruwat Rojokoyo bermakna mensucikan diri dengan apa yang dimiliki.

Sumber mata air yang masih mengeluarkan air adalah simbol wujud dari rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh sang pencipta.

Selain sebagai bentuk rasa syukur atas kekayaan harta benda yang dimiliki, tradisi ini memiliki makna mensucikan diri menyambut bulan suci ramadhan.

Misbakhud Dawam, selaku pengelola wisata desa Gosari atau yang biasa dikenal dengan sebutan Wagos, ingin mengangkat potensi di desa Gosari dengan warisan budaya.

"Kami punya tradisi memandikan sapi, dimandikan di sini karena pengembala atau peternak sapi dahulu tidak memiliki air di rumah. Sehingga dimandikan dengan air dari sendang Bidadari," ucapnya, Sabtu (10/4/2021).

Tradisi memandikan ternak sapi ini diawali dengan mengambil air menggunakan kendi dari sumber mata air sendang. Warga secara gotong royong memindahkan air dari sendang kemudian dikumpulkan di dalam sebuah wadah berupa gentong berukuran besar.

Selanjutnya, satu persatu hewan ternak yang sudah dikumpulkan di lapangan lalu disiram dengan air sendang.

Tidak sembarang orang dapat menyiram sapi dengan air sendang. Harus sesepuh desa. Saat menyiram air sendang ke tubuh sapi diiringi doa dan tabuhan gamelan.

"Ini merupakan kegiatan setiap tahun. Kami juga membersihkan kolam pemandian sendang lanang yang merupakan kolam kuno lalu kita bersihkan. Tradisi sejak dahulu menjelang ramadhan," tutupnya.

Selain sendang Bidadari, ada pula sendang Lanang. Sendang itu kondisinya masih aktif mengeluarkan air dari dalam tanah, airnya terlihat sangat jernih dan dingin. (willy abraham)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved