Sambut Ramadhan, Hotel Santika Pandegiling Sajikan Kuliner Kaya Rempah dan Kurma

Excecutive Chef Santika Pandegiling Surabaya, Ervin Triana siap menyajikan aneka menu yang dilengkapi rempah dan kurma untuk menyambut Ramadhan

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/habibur rohman
Chef Ervin Triana menunjunjukkan beberapa menu olahan berbahan utama daging ikan dan ayam untuk sajian Bulan Ramadhan di Hotel Santika Pandegiling Surabaya, Mingu (11/4/2021). Selain itu juga diperkenalkan minuman pendukung "Healthy Juice" Ramadhan berupa minuman segar paduan kurma dan nanas. SURYA/HABIBUR ROHMAN 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Aroma rempah langsung tercium saat memasuki Resto Kemangi Hotel Santika Pandegiling Surabaya, Minggu (11/4/2021).

Setelah ditelusuri, ternyata aroma tersebut berasal dari masakan yang tengah dibuat oleh Excecutive Chef Santika Pandegiling Surabaya, Ervin Triana.

"Kali ini saya membuat tiga menu yang spesial disajikan untuk Ramadan dan Idulfitri tahun ini," ungkapnya saat live cooking.

Menu yang dibuat yakni rendang ayam, opor tuna dan sayuran, serta ayam lengkuas. Uniknya, ada tambahan kurma untuk setiap masakan.

"Ini merupakan inovasi yang kami buat, kami tambah kurma. Ternyata rasanya enak. Apalagi pas dengan momen Ramadan dan Idulfitri," kata Chef Ervin.

Kurma digunakan sebagai pengganti gula. Rasa manisnya yang tidak terlalu pekat, membuat sajian lebih nikmat.

"Kurma lebih sehat dibandingkan gula. Gizinya lebih tinggi dan bisa mengembalikan tenaga setelah berpuasa," ia menuturkan.

Agar nutrisinya tetap terjaga, Chef Ervin manambahkannya di menit-menit terakhir saat masakan hampir matang.

"Selama tidak overcook, kandungan nutrisinya tetap tetap. Apalagi kurma juga ramah bagi orang yang punya permasalahan gula darah," tuturnya.

Kurma dianggap mudah untuk diolah dan dipadukan dengan aneka sajian. Selain itu juga mudah didapat.

"Memang membutuhkan waktu lebih lama karena harus membuang isi dan memotong dagingnya, namun itu bukan masalah besar. Jadi bisa dikatakan pengolahannya tidak terlalu tricky," papar Ervin.

Masing-masing sajian dimasak sekitar 20 sampai 30 menit. Saat disantap, rasanya tidak jauh beda. Rasa gurih tetap mendominasi masing-masing masakan.

"Karena memang saya mengambil untuk rasa manisnya saja, untuk aroma juga. Jadi untuk rasanya tidak jauh beda. Tapi saya buat tidak terlalu pekat agar lebih bisa dinikmati oleh masyarakat Surabaya," ia mengatakan.

Bukan hanya makanan, pihak hotel juga menyediakan minuman yang juga berbahan kurma.

"Namanya healthy juice Ramadan. Ada campuran rasa nanas, kurma, dan melon," katanya.

Untuk kurma, ia menggunakan lima biji yang dihaluskan atau diblender terlebih dahulu. Kurma juga dijadikan sebagai pengganti gula, oleh karena itu tidak membutuhkan pemanis tambahan lagi.

Saat diminum, ada campuran rasa manis dan asam yang segar. Selain kurma, rasa manis juga dihasilkan dari sirup melon. Sementara nanas menyumbang cita rasa asam.

"Minuman ini tentunya juga sangat bagus untuk mengembalikan energi. Kurma kan bermanfaat untuk memulihkan energi yang hilang setelah berpuasa," tutup Ervin.

Menu tersebut mendapat sambutan baik oleh masyarakat Surabaya, salah satunya Resya Elenia.

"Kayanya menjelang Ramadan, banyak yang bikin menu-menu menarik. Menurut saya, hidangan di Hotel Santika Pandegiling ini boleh banget buat dicoba," ungkap pecinta masakan Nusantara ini.

Ia sendiri mengaku belum pernah makan olahan kurma selain roti, minuman, dan kue kering.

"Kurma dibuat rendang, ayam lengkuas, atau opor, sepertinya menarik. Belum pernah dengar sih, baru pertama kali ini. Kayaknya rasanya juga akan match, bisa sih dibuat untuk referensi menu buka puasa dan halal bihalal lebaran nanti," pungkas Resya. (christine ayu)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved