Sejarah Masjid Al Badri Sidoarjo yang Dibangun Keturunan Jaka Tingkir

Masjid Al Badri di Sidoarjo yang memiliki sejarah panjang dalam keikutsertaan mengambil peran untuk menyebarkan Syiar Islam di tanah air

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/fikri firmansyah
Imam Besar Masjid Al Badri Sidoarjo, Abdullah Habib yang akrab disapa Abah Habib. Abah Habib juga merupakan keturunan kelima (canggah) dari KH. Raden Mas Abdul Wahab. 

Reporter: Fikri Firmansyah

SURYATRAVEL, SIDOARJO - Terik matahari tak menyurutkan niat masyarakat daerah Tawangsari, Sidoarjo mengunjungi Masjid Al Badri Sidoarjo untuk menunaikan ibadah salat asar secara berjamaah.

Masjid Al Badri Sidoarjo tiap harinya memang tak pernah sepi para jemaah. Para jemaah yang datang tidak hanya berasal dari warga desa Tawangsari dan Kecamatan Taman Sidoarjo saja.

Banyak juga para Musafir (orang yang melakukan perjalanan jauh) yang tengah lewat daerah Tawangsari juga kerap memilih Masjid Al Badri sebagai tempat ibadah, khususnya ketika memasuki waktu shalat.

Saat tiba musim ramadan seperti ramadan 2021 ini, khususnya ketika dipakai shalat tarawih berjamaah maupun idul fitri, masjid yang berdiri di atas lahan seluas 625 meter persegi ini mampu menampung 1000 jemaah.

Masjid Al Badri ini memiliki usia yang sangat tua serta punya sejarah panjang dalam keikutsertaan mengambil peran untuk menyebarkan Syiar Islam di tanah air.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh salah satu Imam Besar Masjid Al Badri Sidoarjo, Abdullah Habib.

"Masjid ini usianya sudah sekitar 161 tahun, karena berdirinya antara kisaran 1850-an dan 1860-an," kata Imam Besar Masjid Al Badri yang akrab disapa Abah Habib, Sabtu (10/4/21).

Kata dia, pendiri masjid ini adalah KH. Raden Mas Abdul Wahab Bin Abdullah Joyorogo.

Bahkan, nasab KH. Raden Mas Abdul Wahab sendiri juga merujuk hingga sampai ke Jaka Tingkir atau Mas Karebet yang merupakan pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Pajang yang memerintah tahun 1549-1582 dengan nama Sultan Hadiwijaya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved