Inovasi Kuliner Soto Dandang Khas Soto Ayam Cak Arto, Beli Soto Sekaligus Pancinya

"Kalau soto ayam dikemas plastik kan sudah biasa. Ini kami coba inovasi menggunakan kemasan panci dan dandang. Kami menyebutnya soto ayam dandang,"

Editor: eben haezer
ist
Inovasi menu kuliner soto ayam sak dandange oleh kedai Soto Ayam Cak Arto. Menu ini bisa jadi alternatif masakan buka puasa yang menarik. Dalam satu paket soto dandang berisi kuah soto spesial, ayam suwir, telur, kentang, daun bawang, suun, jeruk nipis, sambal dan tak ketinggalan koya. 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Soto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang patut jadi menu andalan berbuka puasa.

Jika biasanya soto ayam dinikmati di kedai atau take away menggunakan kemasan plastik, berbeda dengan Soto Ayam Cak Arto.

Soto ayam khas Lamongan ini memiliki packaging yang tak biasa, yakni memakai panci dan dandang untuk delivery order.

"Kalau soto ayam dikemas plastik kan sudah biasa. Ini kami coba inovasi menggunakan kemasan panci dan dandang. Kami menyebutnya soto ayam dandang," ungkap Catherine Yuwono Owner Soto Ayam Cak Arto, Minggu (18/4/2021).

Outlet Soto Ayam Cak Arto sendiri sudah berdiri sejak April 2017 di beberapa pusat kuliner dan mal di Kota Surabaya.
Namun selama pandemi beberapa outlet tersebut terpaksa ditutup sementara.

"Ini juga yang membuat kami harus berinovasi bagaimana menyajikan soto ayam Lamongan yang tidak hanya bercita rasa enak tapi juga dengan kemasan menarik," ungkap Catherine.

Perempuan kelahiran Agustus 1994 tersebut menuturkan, Soto Ayam Cak Arto yang merupakan bisnis keluarga ini kemudian membuat inovasi packaging pesanan soto menggunakan panci dan dandang.

Selain unik, kemasan soto dalam panci dan dandang ini dikatakan lebih higenis, sehingga customer tidak perlu khawatir.

Dalam satu kemasan soto dandang khas Soto Ayam Cak Arto ini berisi kuah soto yang sudah dibumbui dengan rempah khusus, suwiran ayam, telur, kentang, daun bawang, suun, jeruk nipis, sambal dan tak ketinggalan koya.

Tak cuma itu, paket soto ayam dandang ini juga dilengkapi dengan irus dan capitan. Semua perlengkapan mulai dari dandang, irus dan capitan menjadi hak milik pembeli. Jadi tidak hanya disewakan.

"Kami juga berikan free kartu ucapan. Selain untuk menemani buka puasa keluarga bisa juga jadi hampers dan dikirimkan pada orang-orang spesial. Jadi pandemi tak menghalangi jarak," Catherine menjelaskan.

Kuah soto yang dihidangkan Soto Ayam Cak Arto pun berbeda. Soto Ayam Cak Arto ini menyajikan kuah yang lebih kental.

"Selain kuah soto kami yang spesial lainnya adalah koya. Koya milik kami memiliki tekstur lebih kasar, tapi justru lebih gurih. Kuahnya tidak yang benin tapi lebih kental karena kaya akan rempah khusus," ungkap Catherine.

Dapur Soto Ayam Cak Arto yang berada di kawasan Dukuh Kupang ini menerima delivery order soto ayam sak dandange setiap hari.

Ada beberapa paket yang ditawarkan yakni paket panci, paket dandang mini dan paket dandang jumbo.

Untuk paket panci, Catherine menggunakan panci berukuran 22cm untuk kapasitas 4-6 orang. Satu pakte berisi soto ayam khas Lamongan komplit dengan koya.

"Untuk paket dandang mini berukuran 22cm ini buat 8-12 orang. Isinya sama tapi porsi lebih besar. Paket dandang jumbo berukuran 28cm untuk 20-25 orang. Untuk dandang mini dan dandang jumbo kami beri free takjil dawet 1 liter," urainya.

Dari segi harga, soto ayam dandang yang disajikan Catherine masih tergolong terjangkau, yakni Rp 150 ribu untuk paket panci, Rp 285 ribu untuk dandang mini dan 450rb untuk dandang jumbo.

Selama bulan Ramadan ini, Catherine mengaku kebanjiran orderan. Konsep baru yang diusung dalam bisnis kuliner keluarga ini disebutnya menjadi inovasi yang banyak diminati.

"Harapannya semoga sampai pandemi berakhir konsep ini bisa jadi ciri khasnya Soto Ayam Cak Arto dan terus diminati dengan inovasi terbaru lainnya," pungkasnya. (luthfi husnika)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved