Kampanye THR Dari tiket.com Untuk Wisata Religi Tujuh Masjid Unik

Memasuki bulan puasa, tiket.com, menggelar kampanye THR (Tiket Hari Raya) mulai sejak tanggal 19 hingga 25 April.

Editor: eben haezer
ist/tiket.com
Masjid Cheng Ho di Pandaan, Pasuruan. 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Memasuki bulan puasa, tiket.com, menggelar kampanye THR (Tiket Hari Raya) mulai sejak tanggal 19 hingga 25 April. Program ini digelar agar masyarakat Indonesia dapat merencanakan perjalanan atau liburan lebih matang dan tertata.

"Dan kali ini, tiket.com membagikan daftar bangunan masjid unik yang ada di Indonesia agar masyarakat dapat mencatat dan menjadikan masjid-masjid unik ini sebagai inspirasi dalam wishlist ketika berkunjung di waktu mendatang," kata Maria Risa Puspitasari, VP Brand Marketing, tiket.com, Kamis (22/4/2021).

Pertama adalah Masjid Menara Kudus. Terletak di kota Kudus, Masjid Menara Kudus atau yang memiliki nama Masjid Al-Aqsha ini memiliki keunikan karena tampak fisik gedung ini berbeda dengan gaya desain masjid pada umumnya karena memiliki arsitektur bergaya Hindu kuno.

Telah berdiri sejak jaman Majapahit, tempat ini kemudian berubah menjadi masjid ketika Sunan Kudus datang dan menyebarkan agama Islam di tempat ini. Masjid ini menjadi pilihan tepat untuk liburan dekat rumah yang layak dikunjungi.

Kedua, Masjid Muhammad Cheng Ho. Nama Laksamana Cheng Ho telah lama dikenal di dalam sejarah sebagai laksamana muslim yang taat dan murah hati. Salah satu memorial yang berhubungan dengan beliau adalah Masjid Cheng Ho di kota Surabaya.

Keunikan bangunan terletak di arsitektur yang kental dengan gaya Tiongkok, bahkan sekilas bangunan ini sama sekali tidak terlihat seperti masjid pada umumnya. Bagi warga pendatang, masjid ini sering menjadi salah satu spot destinasi wisata yang dikunjungi ketika musim liburan tiba karena keunikan arsitekturnya yang menyerupai kelenteng.

Ketiga, Masjid Kapal Semarang. Berlokasi di Kyai Padak, Ngaliyan, masjid yang memiliki nama asli Masjid Safinatun Najah ini memiliki bentuk menyerupai sebuah kapal. Arsitektur unik dan kaya akan filosofi menjadikan masjid ini juga disebut sebagai Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh.

Tidak hanya itu saja, masjid ini juga dikelilingi oleh kolam air, sehingga bangunan masjid seolah mengambang di atas air. Kolam air juga berfungsi untuk membersihkan kaki jemaah sebelum masuk untuk beribadah.

Keempat, Masjid Raya Sumatra Barat. Masjid yang baru rampung dibangun pada 4 Januari 2019 ini memiliki kekentalan bentuk arsitektur dan corak kultur tradisional Minang. Terlihat dari bentuk dan lekukan khas Minang, terutama di bagian atap yang melengkung khas Sumatra Barat tanpa kubah yang menjadikan  banyak pelancong yang jauh-jauh datang ke Kota Padang hanya untuk mengabadikan momen di masjid ini.

Kelima, Masjid Tiban. Terletak di Turen, Malang, masjid ini mengalahkan masjid-masjid lain karena ketinggian bangunannya. Bagaimana tidak Masjid Tiban memiliki sekitar 10 lantai, di mana lantai 1 menjadi tempat istirahat dan ruang musala, lantai 2 berisi loket, ruang istirahat, ruang makan, dan dapur, lantai 3 berisi musala, akuarium, dan kebun binatang mini.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved