Tetap Buka Saat Lebaran, Tempat Wisata di Trenggalek Cuma Terima Wisatawan dari 7 Wilayah Berikut

Tempat wisata di Kabupaten Trenggalek akan tetap buka saat libur Lebaran tahun ini, namun hanya boleh dimasuki wisatawan dari 7 wilayah berikut.

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin
Salah satu tempat wisata di Kabupaten Trenggalek, Pantai Mutiara, yang berada di kawasan Teluk Prigi, Kecamatan Watulimo 

SURYATRAVEL, TRENGGALEK - Tempat wisata di Kabupaten Trenggalek akan tetap buka saat libur Lebaran tahun ini.

Namun, tempat wisata di Trenggalek hanya akan melayani wisatawan lokal dan wisatawan yang berasal dari satu wilayah aglomerasi.

Wilayah yang termasuk dalam satu algomerasi dengan Trenggalek, yakni Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Jombang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto mengatakan, pihaknya telah menyosialisasikan aturan itu kepada para pengelola tempat wisata.

"Jadi kalau ada wisatawan dari daerah di luar itu, khusus saat libur Lebaran, kami tidak bisa menerima mereka," kata Sunyoto, Rabu (5/5/2021).

Untuk memastikan wisatawan yang datang bukan yang berasal dari luar wilayah aglomerasi, Disparbud telah memerintahkan agar pengelola tempat wisata membentuk tim pendukung Satuan Tugas (Satgas) Covid-19.

Selain memantau wilayah asal wisatawan yang datang, tim ini juga akan ditugaskan untuk mengoptimalkan penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk meminimalisir risiko penularan virus corona.

"Aturan soal penerapan protokol kesehatan (prokes) dan pembatasan jumlah pengunjung menjadi maksimal separuh kapasitas tetap kami lanjutkan dan akan kami optimalkan saat libur Lebaran nanti," sambungnya.

Sunyoto belum bisa memprediksi tren lonjakan wisatawan di Trenggalek sebelum dan setelah Lebaran mendatang.

Sejak tempat wisata di Trenggalek kembali dibuka beberapa waktu lalu, ujar dia, antusiasme warga untuk melancong masih terbilang minim.

Buktinya, jumlah pengunjung yang datang masih di bawah batas maksimal kapasitas 50 persen di tiap tempat wisata.

"Selama ini kami berlakukan aturan itu, kapasitas belum pernah sampai 50 persen " ujarnya.

Meski demikian, ia memprakirakan tempat wisata pantai masih akan menjadi pilihan utama orang-orang untuk berlibur di momen Lebaran mendatang.

Untuk itu, dinas akan memberi perhatian khusus bagi tempat wisata yang berada di sepanjang garis pantai di Teluk Prigi, Kecamatan Watulimo.

"Selama ini yang paling banyak dituju wisatawan untuk wisata pantai adalah Pantai Pasir Putih Karanggongso. Kemudian pantai-pantai lain di sekitarnya seperti Pantai Prigi 360, Pantai Mutiara, dan Pantai Simbaronce," pungkas dia. (fla)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved