Wisata Pantai di Trenggalek Bergeliat saat Libur Lebaran

Wisata pantai di Kabupaten Trenggalek bergeliat saat musim libur Lebaran tahun ini. Beberapa pantai bahkan hampir memenuhi kapasitas maksimal 50%

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin
Pengunjung pantai di Trenggalek meningkat saat libur lebaran 

SURYATRAVEL, TRENGGALEK -  Wisata pantai di Kabupaten Trenggalek bergeliat saat musim libur Lebaran tahun ini.

Tempat wisata seperti Pantai Mutiara, Pantai Pasir Putih Karanggongso, dan Pantai Pelang banyak dikunjungi wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto mengatakan beberapa tempat wisata pantai didatangi pengunjung terbanyak sejak masa pandemi.

Beberapa pantai bahkan hampir memenuhi kapasitas maksimal 50 persen yang dipatok pengelola agar pengunjung dapat menerapkan aturan jaga jarak.

"Seperti di Pantai Mutiara, kemarin itu pengunjungnya hampir 2 ribu. Kalau di Pantai Pasir Putih Karanggongso pengunjungnya sekitar 2 ribuan," kata Sunyoto, Senin (17/5/2021).

Ia menyatakan, kunjungan saat libur Lebaran merupakan yang tertinggi sejak pandemi. Sebelumnya sejak wabah corona, jumlah pewisata yang datang di tiap destinasi tak pernah menembus seribu orang.

"Sebelum Lebaran ini memang sepi sekali. Seperti di Pantai Pasir Putih Karanggongso, itu rata-rata harian pengunjungnya hanya sekitar seratusan orang saja," imbuhnya.

Sesuai target, hasil pemantauan dinas, pengunjung yang datang mayoritas adalah warga lokal Trenggalek.

Beberapa wisatawan lain yang datang ke Trenggalek seperti dari Kediri dan Blitar. Daerah itu termasuk dalam satu wilayah aglomerasi yang diizinkan untuk berlibur ke Trenggalek saat musim Lebaran kali ini.

Sunyoto menyebut, puncak kunjungan wisatawan di Trenggalek telah terjadi pada Minggu (17/5/2021). Soalnya, itu adalah hari terakhir sebelum para wisatawan kembali bekerja Senin ini.

Ketika hari H Lebaran itu sepi. Tapi pada hari kedua Lebaran, sampai Minggu terus meningkat," sambungnya.

Sementara itu, lanjut Sunyoto, kunjungan ke tempat wisata nonpantai masih tergolong landai. Jumlah wisatawan yang datang tak setinggi di lokasi wisata pantai dan sekitarnya.

Saat ini, pihaknya juga tengah mendata okupansi hotel-hotel yang ada di Trenggalek. Hal ini sekaligus untuk memotret kondisi kepariwisataan di wilayah itu saat Libur lebaran lalu. (aflahul abidin)

Foto: Petugas mengingatkan soal protokol kesehatan di tempat wisata pantai yang ada di Kabupaten Trenggalek saat musim libur Lebaran 2021.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved