PT KAI Daop 9 Jember Kembali Operasikan Semua Kereta Api Jarak Jauh

PT KAI Daop 9 Jember kembali mengoperasikan seluruh KA Jarak Jauh di wilayah kerjanya di masa pengetatan perjalanan penumpang.

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
KA Sritanjung, salah satu KA Jarak Jauh di PT KAI Daop 9 Jember 

SURYA.co.id | JEMBER - PT KAI Daop 9 Jember kembali mengoperasikan seluruh KA Jarak Jauh di wilayah kerjanya di masa pengetatan perjalanan penumpang. Masa pengetatan diberlakukan mulai 18 Mei kemarin, atau setelah masa larangan mudik pada 6 - 17 Mei 2021.

Ada tujuh KA Jarak Jauh yang beroperasi di wilayah kerja PT KAI Daop 9 Jember yakni KA Ranggajati, KA Wijayakusuma, KA Mutiara Timur, KA Logawa, KA Sritanjung, KA Tawangalun, dan KA Probowangi. Tentunya KA Pandanwangi yang melayani rute pendek Jember - Banyuwangi yang juga tetap beroperasi, selain KA Komuter Pasuruan - Surabaya.

Menurut Vice President KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal, tujuh KA Jarak Jauh di Daop 9 itu kembali dioperasikan dan tiketnya sudah dapat dipesan. Pemesanan bisa melalui aplikasi, ataupun kanal resmi penjualan tiket KAI.

Dia menambahkan, pelanggan KA Jarak Jauh tidak perlu lagi menyertakan surat izin perjalanan, seperti di masa pemberlakukan larangan mudik kemarin.

"Namun masih harus melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 berupa surat keterangan negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen atau GeNose C19 yang diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam. Itu aturan dalam perjalanan di masa pengetatan ini," ujar Broer Rizal, Rabu (19/5/2021).

Untuk membantu melengkapi syarat surat bebas Covid-19 tersebut, KAI menyediakan layanan tes rapid Antigen berbiaya Rp 85.000 di dua stasiun, yakni Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang. Juga ada deteksi dini melalui pemeriksaan GeNose C19 berbiaya Rp 30.000 di empat stasiun, yaitu Stasiun Probolinggo, Jember, Kalisetail dan Ketapang.

Mulai 18 Mei 2021 pula, calon penumpang yang tidak dapat menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 (RT-PCR/tes rapid Antigen/GeNose C19), tidak memakai masker, penumpang reaktif/positif, maupun didapati suhu tubuhnya diatas 37,3 derajat celcius pada saat boarding, maka mereka tidak boleh naik kereta. Tiket penumpang itu akan dikembalikan 100 persen.

Proses pembatalan dilakukan di loket stasiun pembatalan dan melalui Contact Center 121. Pembatalan dapat dilakukan di semua loket stasiun penjualan.

"PT KAI mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mematuhi aturan dan persyaratan yang ditetapkan selama masa peniadaan mudik kemarin. Terus terapkan protokol kesehatan secara konsisten dan disiplin untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkas Broer.

Berikut KA yang beroperasi di KAI Daop 9 Jember beserta jadwalnya;

-KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon (PP) beroperasi 18-23 Mei 2021
-KA Wijaya Kusuma relasi Ketapang-Cilacap (PP) beroperasi 18-23 Mei 2021
-KA Mutiara Timur relasi Ketapang-Yogyakarta (PP) beroperasi 18 Mei 2021
-KA Logawa relasi Jember-Purwokerto (PP) beroperasi 18-23 Mei 2021
-KA Sritanjung relasi Ketapang-Lempuyangan (PP) beroperasi 1-31 Mei 2021
-KA Tawangalun relasi Ketapang-Malang Kota Lama (PP) beroperasi 1-31 Mei 2021
-KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng (PP) beroperasi 1-31 Mei 2021

KA Lokal :
-KA Pandanwangi relasi Jember-Ketapang (PP) beroperasi 1-31 Mei 2021
-KRD Komuter relasi Pasuruan-Surabaya (PP) beroperasi 1-31 Mei 2021

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved