Wabup Trenggalek Dorong Komunitas Turut Kembangkan Desa Wisata

Wakil Bupati Trenggalek, Syah M Negara mendorong komunitas untuk turut mengembangkan desa wisata.

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin
Wakil Bupati Trenggalek saat menghadiri kegiatan Fun Climbing di Tebing Prongos Telung Lintang di Kecamatan Gandusari, Trenggalek. 

SURYATRAVEL, TRENGGALEK - Wakil Bupati Trenggalek, Syah M Negara mendorong komunitas untuk turut mengembangkan desa wisata.

Dorongan itu utamanya diarahkan kepada komunitas-komunitas yang berkaitan dengan minat khusus.

Syah mengatakan hal itu ketika menghadiri kegiatan Fun Climbing di Tebing Prongos Telung Lintang di Kecamatan Gandusari.

Kegiatan itu diselanggarakan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Trenggalek.

“Kenapa kami memilih desa wisata? Karena ketika kami melihat desa wisata, banyak sekali efeknya. Jadi ada efek domino yang ditimbulkan ketika sebuah desa wisata di satu desa itu di buka,” kata Syah.

Untuk itu, Syah juga mengapresiasi langkah FPTI Trenggalek yang turut menghidupkan olahraga ekstrem panjat tebing di wilayah yang ia pimpin.

Panjat tebing, menurut dia, berpotensi menjadi salah satu daya tarik orang untuk berkunjung ke Trenggalek.

Kontur daerah Trenggalek yang berbukit membuat wilayah itu memiliki banyak tebing-tebing yang potensial untuk dijadikan lokasi panjat tebing. Termasuk Tebing Prongos Telung Lintang.

Ada juga Tebing Sepikul di Kecamatan Watulimo yang telah menjadi salah satu lokasi pemanjatan tingkat nasional.

“Saya mengajak komunitas-komunitas seperti FPTI ini agar memiliki rasa tanggung jawab dalam menjaga serta mengembangkan tempat wisata. Saya berharap kegaitan serupa akan banyak digelar sehngga dapat mengembangkan potensi wisata yang ada di desa-desa lain di Trenggalek,” sambungnya.

Dengan dirintis mulai sekarang, Syah yakin pengembangan desa wisata minat khusus bisa maksimal dijalankan setelah pandemi Covid-19 berlalu.

“Ada satu contoh, di Kecamatan Gandusari ini ada yang namanya Saung Ledokan Widoro. Ini hasil gagasan masyarakat yang saat ini sudah memiliki banyak manfaat. Kehadariannya bisa menghidupi puluhan masyarakat sekitar,” sambungnya.

Syah menjelaskan, Trenggalek akan mendorong terwujudnya 100 desa wisata dalam beberapa tahun mendatang.
Seratus desa wisata merupakan salah satu program prioritas yang digagas dalam rangka pemulihan ekonomi dampak pandemi. (Aflahul Abidin)


Foto: Wabup Trenggalek Syah M Negara di Tebing Prongos Telung Lintang di Kecamatan Gandusari.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved