Kidzania Surabaya Tawarkan Pengalaman Edukasi pada Anak dengan Cara Menyenangkan

Kidzania Surabaya ingin menjadi playground yang tidak hanya menawarkan entertainment, namun juga mengedepankan sisi edukasi.

Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/akira tandika
Anak-anak diajak belajar membuat kue di Kidzania Surabaya 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Di era sekarang, memberikan edukasi pada anak harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan, agar lebih mudah diterima.

Namun, tak banyak playground yang menawarkan fitur edukasi sambil bermain.

Kidzania Surabaya ingin menjadi playground yang tidak hanya menawarkan entertainment, namun juga mengedepankan sisi edukasi.

“Ini yang membedakan kami dengan beberapa playground lainnya. Terutama yang berada di dalam mall," terang City Mayor Kidzania, Tarno, saat ditemui di Lagoon Avenue Mall, Kamis (27/5/2021).

Kidzania Surabaya memiliki 45 wahana dengan 100 agenda kegiatan yang bisa diikuti oleh anak berusia 4 hingga 16 tahun.

Wahana tersebut merupakan gambaran profesi yang biasa dilakukan oleh orang dewasa. Di antaranya, tenaga kesahatan, pemadam kebakaran, pegawai bank, broadcaster, dan masih banyak lagi.

Hal ini memang sengaja dilakukan agar anak memiliki gambaran tentang profesi saat mereka dewasa nanti.

"Kalau anak dibiasakan memahami beberapa profesi, bukan tidak mungkin passionnya terasah mulai sekarang. Sehingga ketika dewasa nanti, mereka sudah tahu pekerjaan apa yang akan dipilih," jelasnya.

Selain itu, beberapa wahana juga dikhususkan untuk anak berusia 2 hingga 3 tahun atau dalam masa toddler.

"Masa todler juga menjadi masa yang penting. Di mana anak-anak mulai belajar tentang motorik. Di sini, kami juga memiliki program untuk itu. Anak-anak diajarkan untuk merasakan tekstur, hingga edukasi barang berbahaya," tutur Tarno.

Di sini, lanjut Tarno, anak-anak diajak melakukan kegiatan secara mandiri atau tanpa didampingi oleh orang tua.

"Jadi orang tua hanya boleh menunggu di luar wahana. Sementara anak, akan diajak belajar oleh trainer yang ada di tiap-tiap wahana," paparnya.

Untuk tiket masuk, Kidzania Surabaya memberikan harga yang berbeda pada tiap usia.

"Anak berusia 2 hingga 3 tahun akan dikenakan biaya Rp 100.000. Kemudian anak usia 4 hingga 16 tahun dikenakan biaya Rp 200.000 pada weekday dan Rp 225.000 pada weekend. Sementara untuk usia 17 tahun ke atas atau orang tua yang mengantar, akan dikenakan biaya Rp 175.000 pada weekday dan Rp 200.000 pada weekend. Dengan harga tersebut, baik anak maupun orang tua, bebas main sepuasnya dari jam operasional mulai hingga tutup," tandas Tarno.

Baca juga: Baru Dibuka, KidZania Surabaya di Lave Mall Sungkono Langsung Didatangi Ratusan Bocah

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved