Minimalisir Kerusakan di Lautan pasir, TNBTS Jajaki Jalur Baru Lingkar Kaldera Tengger Untuk Turis

TNBTS sedang menjajaki jalur baru menuju padang savana di wisata Gunung Bromo. Jalur wisatawan ini diberi nama sebagai jalur lingkar kaldera Tengger.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
suryatravel/Hayu Putra
Kawasan lautan pasir Gunung Bromo 

SURYATRAVEL, PROBOLINGGO - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sedang menjajaki jalur baru menuju padang savana di wisata Gunung Bromo. Jalur wisatawan ini diberi nama sebagai jalur lingkar kaldera Tengger.

Rencananya perubahan  jalur wisatawan itu akan mengikuti tebing kaldera Gunung Bromo. Jalur yang saat ini melintas di tengah savana kaldera, akan digeser mengikuti tebing yang ada di sisi selatan.

Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Novita Kusuma Wardani mengatakan, rencana perubahan jalur itu masih dalam proses pengkajian. "Ini masih dalam studi kami, masih dalam feasibility study," kata Novita belum lama ini.

Menurutnya, jika dilihat dari struktur batuan yang ada di kawasan kaldera itu, jalur yang tepat adalah mengikuti sisi tebing tersebut. "Kalau dilihat dari struktur batuannya yang cocok di sepanjang tebing itu," lanjutnya.

Nantinya wisatawan tidak akan masuk ke area savana, tapi melalui jalur khusus yang melintasi sisi tebing itu. Dengan begitu bisa meminimalisir kerusakan ekosistem di tengah savana.

"Salah satu alternatif untuk meminimalisir kerusakan di lautan pasir itu adalah jalur lingkar khusus itu. Nanti wisatawan bisa dilokalisir di situ," tukasnya.

Apakah jalur tersebut akan menggunakan aspal, cor atau dibiarkan berupa tanah ini juga masih dikaji dan menunggu masukan.

"Masukan tetap  kami tunggu. Apakah itu cor, aspal atau tetap tanah. Kerusakan tetap bisa diminimalisir," katanya. (wiwit purwanto)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved