Jember Mini Zoo, Alternatif Wisata Edukasi di Tengah Kota Jember

Jember Mini Zoo adalah sebuah kebun binatang mini yang berada di dalam kawasan perkotaan Jember yakni di Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates.

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Jember Mini Zoo di Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates. 

SURYATRAVEL, JEMBER - Pilihan tempat wisata di Kabupaten Jember makin beragam. Bahkan kini tempat wisata yang berada di dalam kawasan dalam Jember kota juga tersedia.

Tempat itu adalah Jember Mini Zoo, sebuah kebun binatang mini yang berada di dalam kawasan perkotaan Jember yakni di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates.

Meski menyebut dirinya kebun binatang mini, Jember Mini Zoo tetap terbilang luas karena berada di areal seluas sekitar 7 hektare, dan baru sekitar 3 hektare yang terpakai.

Meski juga berada di dalam kawasan kota, Jember Mini Zoo menyediakan hijaunya pemandangan sawah, juga segarnya danau.

Owner Jember Mini Zoo, Adnan Muhammad menyebut tempat wisata edukasi bagi tempat wisata yang baru diluncurkan bulan Mei lalu.

"Masih soft launching, nanti akan ada grand launching. Kami menyebut Jember Mini Zoo ini sebagai sebuah tempat wisata edukasi yang berkonsep keluarga. Wisata edukasi tentang hewan, yang cocok dikunjungi oleh keluarga, dan mudah diakses karena masih berada di kawasan perkotaan," ujar Adnan, Jumat (10/6/2021).

Beberapa hewan yang bisa dilihat di Jember Mini Zoo antara lain aneka burung seperti Burung Unta, Burung Hantu, juga reptil. Menempati area usaha sapi perah, tentunya wisatawan juga bisa melihat sapi perah, serta memberi makan sapi.

"Tempat ini memang usaha keluarga, dulu bergerak di usaha susu sehat, kami memiliki sapi perah. Usaha sapi perah masih, namun kami kembangkan juga ke wisata edukasi," imbuhnya.

Taman Kelinci, salah satu spot yang banyak dikunjungi anak-anak karena bisa melihat banyak kelinci yang berjalan bebas di rerumputan. Pengunjung juga bisa memberi makan kelinci.

Pengunjung bisa menikmati hijaunya pemandangan sawah di belakang area resto. Di titik itu, ada juga danau yang menyediakan layanan perahu yang bisa dinaiki pengunjung untuk berkeliling danau. Hamparan hijaunya rumput, di titik yang instagramable juga bisa dinikmati pengunjung.

Dan karena tempat ini dibuka di masa pandemi Covid-19, pengelola telah menyiapkan satu alur masuk hingga keluar yang berbeda. Sehingga wisatawan tidak saling berdatangan dari segala arah.(sri wahyunik)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved