Gunung Bromo Akan Ditutup Selama 3 Hari Untuk Pelaksanaan Yadnya Kasada

Gunung Bromo akan ditutup selama 3 hari untuk perayaan Yadnya Kasada, yakni pada 24 Juni 2021 hingga 26 Juni 2021

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Tradisi melempar sesaji dan persembahan di Kawah Gunung Bromo yang merupakan bagian dari tradisi Yadnya Kasada 

SURYATRAVEL, PROBOLINGGO - Gunung Bromo akan ditutup selama 3 hari saat perayaan upacara Yadnya Kasada, pada tanggal 24 – 26 Juni 2021.

Penutupan kegiatan wisata Gunung Bromo ini tertera dalam akun IG resmi  Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger  Semeru (BB TNBTS).

Detailnya, berdasar surat Parisada Hindu Dharma Indonesia Pasuruan kegiatan wisata Gunung Bromo ditutup secara total mulai Hari Kamis 24 Juni 2021 pukul 06.00 hingga Sabtu 26 Juni 2021 pukul 24.00.

“Penutupan kegiatan wisata Gunung Bromo ini dalam rangka pelaksanaan rangkaian upacara ritual Yadnya Kasada Tahun 2021,” tulisnya.

Penutupan dari arah Probolinggo  ditutup di Desa Ngadisasri Kecamatan Sukapura,  dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari dari Arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang.

Upacara Yadnya Kasada digelar setiap tahun oleh Masyarakat Tengger di kawasan Gunung Bromo. Sama seperti dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan Yadnya Kasada 2021 kembali digelar tertutup untuk wisatawan.

Selain untuk mencegah potensi penularan covid-19, penutupan juga dilakukan agar lebih khidmat merayakan Yadnya Kasada dan merupakan implementasi salah satu dari 10 cara baru pengelolaan kawasan konservasi yaitu penghormatan nilai budaya dan adat.

Wisatawan dapat kembali berwisata ke Gunung Bromo dan sekitarnya, Penanjakan, Bukit Kedaluh, Bukit Cinta, Mentigen, Laut Pasir, dan Savana pada hari Minggu, tanggal 27 Juni 2021 pukul 00.01 WIB. (wiwit purwanto)

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved