Maskapai Super Air Jet Berbiaya Hemat Siap Terbangi Udara Indonesia

Maskapai baru Super Air Jet (SAJ) siap mengudara setelah resmi mengantongi izin usaha angkutan udara berjadwal  dari Kementerian Perhubungan.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
ist
Armada pesawat milik maskapai Super Air Jet yang akan resmi beroperasi di Indonesia setelah mengantongi izin dari Kemenhub. 

SURYATRAVEL, JAKARTA - Maskapai baru Super Air Jet (SAJ) siap mengudara setelah resmi mengantongi izin usaha angkutan udara berjadwal  dari Kementerian Perhubungan.

SAJ mendapatkan sertifikat Air Operator Certificate (AOC) dengan tipe pesawat Airbus A320 pada Jumat (25/06/2021).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan, PT Super Air Jet telah memegang  Surat Izin Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal (SIUAU-NB) dengan Nomor SIUAU/NB-036, yang  diterbitkan pada tanggal 17 September 2020.

"Proses sertifikasi dalam rangka penerbitan Air Operator Certificate (AOC) sudah kami lakukan berdasarkan surat permohonan dari pihak SAJ sejak 30 September 2020," kata Novie Riyanto dalam keterangan resminya, mengutip Kompas.com, Minggu (27/06/2021).

Menurutnya berdasarkan ketentuan, ada 5 tahapan yang harus dilewati selama menjalani proses sertifikasi  izin usaha angkutan udara berjadwal. Yaitu Pre Application, Formal Application, Document Compliance, Demonstration & Inspection, dan Certification.

Seluruh tahapan itu sudah dijalani oleh SAJ selama 9 bulan dan SAJ telah memenuhi seluruh persyaratan pemegang AOC."Dengan selesainya seluruh tahapan sertifikasi terhadap SAJ, maka SAJ dinyatakan telah memenuhi seluruh persyaratan teknis dan keselamatan sebagai pemegang Air Operator Certificate," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama SAJ, Ari Azhari menjelaskan, fokus utama maskapai ini adalah menawarkan konsep berbiaya rendah dengan penerbangan langsung antarkota secara point-to-point di pasar domestik.

Selanjutnya merambah ke rute-rute internasional. Pada tahap awal, Super Air Jet akan mengoperasikan armada generasi terbaru yaitu Airbus 320-200 yang berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi.

Super Air Jet juga menyasar calon penumpang dari kalangan anak muda, yang membutuhkan penerbangan murah untuk keperluan bisnis hingga wisata. "Segmen 'kawula muda' akan terus tumbuh pesat dan Super Air Jet bersiap untuk meraih pasar itu melalui konsep 'super cost' yakni menawarkan layanan maskapai berbiaya paling hemat, sehingga lebih terjangkau,” terangnya .

Super Air Jet didirikan pada Maret 2021. Maskapai ini telah memiliki kode penerbangan “IU” dari Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA) dan “SJV” dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Ari menegaskan, Super Air Jet merupakan maskapai penerbangan swasta baru kategori layanan pengangkutan penumpang berjadwal harian yang berasal dari Indonesia dan sepenuhnya dimiliki atas penyertaan modal orang lokal (dalam negeri).

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved