Berlayar Ke Bawean, Wajib Kunjungi Pulau Gili, Pulau Cena dan Pulau Noko

Berkunjung ke Pulau Bawean, wajib mengunjungi tiga lokasi eksotis, yakni Pulau Gili, Pulau Cena, dan Pulau Noko Selayar.

Editor: eben haezer
ist
Menikmati sunset di tepi pantai Pulau Noko, Bawean 

SURYATRAVEL, BAWEAN - Nama Pulau Bawean memang tidak sepopuler Pulau Bali, Karimun Jawa atau wisata pulau lainnya.

Tapi untuk kemolekan dan keindahan alam, Pulau Bawean tidak kalah cantik dengan pulau-pulau tersebut. 

Pulau Bawean terletak sekitar 120 km meter dari pusat Kabupaten Gresik.

Luas pulau ini tidak terlalu besar dan hanya terdiri dari dua Kecamamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak dengan mayoritas penduduknya berasal dari suku Bawean. Namun keindahan alamnya mampu membuat wisatawan ingin berkunjung dan menikmati Pulau Bawean.

Seperti Afini Putri Rahmatika , traveler yang baru saja berkunjung ke Pulau Bawean. Sejumlah destinasi wisata ia kunjungi, namun ada destinasi wajib yang harus dikunjungi yakni Pulau Cena, Pulau Gili dan Pulau Noko Selayar.

“Ke Bawean yaa pengin liburan aja, emang masih sepi pulaunya, gak per;lu jauh jauh banget dan budget pun gak terlalu mahal,” kata Fini.

1. Pulau Gili

Pulau Gili memiliki pantai yang wajib dikunjungi jika pelesir ke Pulau Bawean.  Pantai Pulau Gili adalah salah satu pantai yang ada di pulau Bawean. Pulau Bawean sendiri dikelilingi beberapa pulau kecil yang mempunyai pantai , pulau-pulau yang mengelilinya ada yang sudah berpenghuni dan ada yang tidak.

Pulau Gili adalah pulau yang paling luas yang mengelilingi pulau Bawean. Karena itu, Pulau Gili merupakan pulau dengan penghuni yang paling banyak setelah Bawean. Pulau Gili berjarak sekitar 2,3 km dari timur pulau Bawean.

Kelebihan pantai pulau Gili juga dikarenakan pengunjung dapat menikmati sunrise dan sunset dalam satu tempat saja

2. Pulau Cena

Selain Pulau Gili di Bawean juga terdapat pulau yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Pulau Cena. Pulau ini berlokasi tak jauh dari Pulau Bawean. Berada di Desa Teluk Jati Dawang, Kecamatan Tambak, Gresik.

Pulau ini terkenal sebagai pulau yang memiliki kekayaan di bawah laut, yaitu terumbu karang cantik  yang terlihat dari permukaan air.

Di Pulau Cena ada tradisi yakni Festival Pulau Cena yang menampilkan parade Jhukong. Jhukong adalah sebuah perahu kecil yang dijadikan sebagai ikon Bawean untuk nelayan mencari ikan di laut

3. Pulau Noko Selayar

Pulau Noko Selayar adalah salah satu pulau yang berada di lingkungan Pulau Bawean, pulau dengan pantai berpasir putih maka Pulau Noko Selayar adalah tempatnya.

Pulau Noko Selayar ini tidak berpenghuni. Namun, keindahan alamnya seolah menenangkan. Dengan pasir pantai berwarna putih, air laut yang biru dan bening menjadikan pulau ini semakin memukau dan menjadi primadona.

Ketika air laut sedang surut, wisatawan bisa berjalan kaki menikmati pemandangan di sekitar dan menunggu senja untuk melihat matahari terbenam yang sayang jika dilewatkan.  (wiwit purwanto)Berk

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved