Traveling Jarak Jauh Kini Wajib Kantongi Sertifikat Vaksin

Traveler yang hendak bepergian jarak jauh di wilayah domestik, terutama untuk daerah Jawa dan Bali, harus menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/luthfi husnika
Proses vaksinasi di The Central Mall Gunawangsa Tidar, Rabu (16/6/2021). Vaksinasi ini merupakan program dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Vaksin yang digunakan adalaha jenis Sinovac. 

SURYATRAVEL - Traveler yang hendak bepergian jarak jauh di wilayah domestik, terutama untuk daerah Jawa dan Bali, harus menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin Covid-19.

Kebijakan tersebut diatur dalam bingkai PPKM Darurat Jawa-Bali yang akan berlaku pada 3-20 Juli 2021. Adapun kartu vaksin yang dimaksud berisi informasi tentang minimal vaksin dosis pertama.

Selain itu traveler yang menggunakan transportasi pesawat rute domestik harus menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari tes PCR dalam jangka waktu H-2 sebelum keberangkatan, serta tes swab antigen H-1 sebelum keberangkatan untuk moda transportasi lainnya. 

Sebagai informasi, kartu vaksin juga diperlukan bagi pelaku perjalanan domestik jarak jauh yang menggunakan bus dan kereta api. 

Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan transportasi jarak jauh (seperti) pesawat, bus, dan kereta api harus menunjukkan kartu vaksin minimal vaksin dosis pertama dan PCR H-2 untuk pesawat, serta antigen H-1 untuk moda transportasi jarak jauh lainnya," kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan dalam konferensi pers di kanal YouTube Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Kamis (1/7/2021).

Luhut menjelaskan tujuan aturan kartu vaksin Covid-19 tersebut.  "Penggunaan kartu vaksin ini tujuannya adalah untuk kita menghindari orang lain tertular dari kita atau sebaliknya dan juga untuk menambah orang lain yang mendapat vaksin karena dengan vaksin akan bisa melindungi kita dari serangan Covid-19," tambahnya. 

Jika seseorang telah menjalani vaksinasi. Untuk mengecek kartu vaksin Covid-19 dapat dilakukan melalui aplikasi Peduli Lindungi atau situs web https://pedulilindungi.id/. Adapun, kartu dapat diunduh melalui aplikasi tersebut. (wiwit purwanto)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved