PPKM Darurat Penumpang KA Jarak Jauh Dari Jakarta Wajib Penuhi Syarat Ini

PT KAI Daop 1 Jakarta telah mengeluarkan sejumlah persyaratan terbaru untuk para penumpang selama masa PPKM Darurat mulai 3 Juli - 20 Juli 2021.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
ist
KA Bangunkarta yang kembali berangkat dari Stasiun Jombang 

SURYATRAVEL, JAKARTA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021 disambut persiapan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan persyaratan terbaru naik KAI jarak jauh.

Berdasarkan siaran pers dari PT KAI, Kamis (1/7/2021), PT KAI Daop 1 Jakarta berlakukan syarat terbaru naik KA Jarak Jauh.

“Sepanjang  masa pandemi, untuk mencegah penyebaran Covid-19, PT KAI Daop 1 secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Khususnya untuk pemberangkatan KAJJ dan pola operasional KA,” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

Pihaknya memberikan syarat naik KA Jarak Jauh selama PPKM Darurat dari Daop 1 Jakarta, yakni :

1. Wajib menunjukkan surat negatif Covid-19 dari pemeriksaan GeNose yang hasilnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan,

2. Atau menunjukkan surat negatif Covid-19 dari pemeriksaan PCR atau Rapid Antigen yang hasilnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Eva menuturkan, pihaknya memastikan hanya penumpang yang telah memenuhi persyaratan dokumen tersebut saja yang dibolehkan untuk naik KA.

Sementara syarat lain yang perlu dipatuhi adalah penumpang harus dalam kondisi sehat, memakai masker dengan sempurna dan saling jaga jarak. “Jika saat boarding didapati pelanggan tidak memenuhi salah satu syarat tersebut, maka pelanggan dilarang naik KA dan tiketnya dapat dibatalkan dengan pengembalian bea 100 persen,” ujarnya.

Sementara untuk pola operasional, selama pandemi PT KAI telah melakukan penyesuaian dengan jumlah perjalanan KA Jarak Jauh dikurangi hingga sekitar 60 persen. Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI di antaranya adalah aplikasi KAI Access, situs resmi kai.id, contact center 121 line (021)121, layanan pelanggan cs@kai.id, dan media sosial @keretaapikita @kai121_. (wiwit purwanto)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved