Menyantap Sate dan Gule Ikan Manyong Sambil Bersantai di Pantai Pasir Putih

Nanti setelah pandemi covid-19, cobalah berkunjung ke Pantai Pasir Putih Situbondo sambil menikmati Kuliner sate dan gule kepala ikan Manyung

Editor: eben haezer
izi hartono
Kuliner gule kepala ikan manyung di kawasan Pantai Pasir Putih Situbondo. 

SURYATRAVEL, SITUBONDO - Bila nanti pandemi covid-19 berakhir, pantai mungkin menjadi salah satu tempat yang hendak anda kunjungi. 

Bagi anda yang berencana berwisata ke pantai Pasir Putih di Kecamatan Bungatan, kabupaten Situbondo, Jawa Timur setelah pandemi covid-19, jangan lupa untuk mencicipi kuliner sate dan gule kepala ikan manyung. 

Masakan ini hanya ada di rumah makan milik Koperasi Polres Situbondo. Rumah makan yang berdiri sejak puluhan tahun lalu ini, terus berinovasi untuk memancing penikmat dan pemburu kuliner dari berbagai daerah di Jawa Timur dan maupun pengguna jalan raya Pantura.

"Masakan gule dan sate Ikan Manyung ini, rasanya nikmat dan tidak kuatir diserang penyakit kolestrol. Sebab, bahan bakunya ikan segar. Selain itu proses memasaknya juga menggunakan rempah-rempah alami," kata Hatimah, seorang pengunjung rumah makan Orental Purnama saat menikmati Gule dan Sate Ikan Manyung.

Masakan gule dan sate Ikan Manyung yang disajikan Rumah Makan Orental Purnama ini,  kata Hatimah, rasanya beda dengan masakan yang ada di rumah makan lain. Selain daging yang putih dan empuk,  rasa gule dan sate ikan Manyung memiliki ciri khas tersendiri.

"Bumbu rempah gule dan sate ikan Manyung sangat terasa di mulut. Tak hanya proses pencampuran bumbunya menggunakan mesin, sehingga masakannya dijamin higienisnya," kata Hatimah sembari menikmati makanannya.

Sebenarnya, lanjut Hatimah, setiap berkunjung ke Pasir Putih, dirinya bersama keluarganya selalu mampir dan makan olahan kuliner di rumah makan ini.

"kalau tidak makan sate dan gule ikan manyung di rumah makan Orental Purnama, terasa ada yang kurang lengkap. Makanya setiap kali berlibur, saya pastikan makan kuliner sate dan gule ikan Manyung ini," katanya.

Risdiyana, pengelola Rumah Makan Oriental Purnama Pasir Putih mengatakan, salah satu menu spesial di Rumah Makan Orental Purnama ini memang adalah gule dan sate kepala Ikan Manyung.

"Menu gule dan sate kepala ikan Manyung segar merupakan salah satu masakan favorit yang diburu para penikmat kuliner dari berbagai daerah di Jawa Timur saat ini," ujar Risdiyana.

Risdiyana menjelaskan, untuk memasak gule dan sate kepala Ikan Manyung bukan hal yang mudah dan membutuhkan kejelian dan ketepatan memadukan rempah yang pas. Sebab Jika terjadi kesalahan dalam mengola masakan gule dan sate Kepala Ikan Manyung, maka bisa dipastikan citra masakan akan hambar.

"Kamimematok harga satu porsi gule dan sate kepala ikan Manyung  plus nasi sebesar Rp. 20.000 . Harga ini sangat terjangkau dan relatif murah jika dibandingkan dengan rumah makan lain. Masalah rasa kami tidak kalah dengan restoran bintang lima, " ucapnya.

Pada masa PPKM Darurat, sambung Risdiyana, Rumah Makan Orental Purnama Pasir Putih tetap buka namun terbatas.

"Kita tetap buka, tapi pembeli yang makan ditempat kita batasi. Kita memperioritaskan pemesanan secara online via WhatsApp," pungkasnya. (izi hartono) 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved