Penumpang Kapal Pelni  Dapat  Vaksinasi Covid-19 Gratis Di 4 Pelabuhan Ini

PT Pelni (Persero) yang  melayani vaksinasi Covid-19 gratis untuk penumpang kapal Pelni di empat pelabuhan

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/Istimewa
Pelabuhan Tanjung Perak juga melayani vaksinasi Covid-19 gratis bagi penumpang kapal PT Pelni 

 

Suryatravel – Serbuan vaksinasi Covid – 19 juga ada di sejumlah pelabuhan, seperti PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) yang  melayani vaksinasi Covid-19 gratis untuk penumpang kapal Pelni di empat pelabuhan.

4 pelabuhan itu yakni Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, dan Pelabuan Benoa di Bali.

Layanan vaksinasi Covid-19 ini merupakan hasil kerja sama antara Pelni dan pemangku kepentingan kepelabuhan. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taupik mengatakan, layanan tersebut selaras dengan aturan perjalanan dalam PPKM Darurat Jawa-Bali yang berlaku pada 3-20 Juli 2021.

Kebijakan tersebut mewajibkan pelaku perjalanan untuk menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin berisi informasi vaksin minimal dosis pertama.

“Kami mengimbau kepada setiap calon penumpang kapal Pelni yang belum mendapatkan akses vaksin untuk memanfaatkan fasilitas ini. Sebagai perusahaan yang masuk dalam sektor krusial, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam penyediaan fasilitas vaksin bagi calon penumpang kapal Pelni,” ujar Opik, mengutip Kompas.Com, Kamis (08/07/2021).

Selain menyediakan layanan vaksinasi Covid-19, Pelni juga menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Salah satunya adalah penyemprotan disinfektan dan pembersihan kapal secara rutin oleh kru kapal.

Para penumpang juga diwajibkan untuk memakai masker dan menjaga jarak. Sebagai informasi, selama PPKM Darurat, aturan perjalanan yang berlaku pada kapal Pelni berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 44 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Laut pada Masa Pandemi Covid-19.

SE tersebut mengharuskan pelaku perjalanan laut dari dan ke Pulau Jawa serta Bali untuk menunjukkan kartu vaksin.

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved