Kolektor Sepeda Jadul Terbanyak Se Indonesia Berburu Hingga Ke Papua 

Di rumahnya yang luas dua gudang besar berukuran 10 x 20 meter untuk menampung koleksi sepeda tua yang jumlahnya mencapai 300 lebih sepeda tua

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/didik mashudi
Kolektor ratusan sepeda tua Sadam Husein dengan sejumlah sepeda koleksinya 

 

Suryatravel –  Kolektor sepeda jadul di Kediri ini benar benar mewarisi hobi orang tuanya. Sepeda tua masih menjadi ikon para penggemar sepeda tua di Indonesia. Salah satunya milik keluarga Sadam Husein, warga Jalan Letjen Suparman, Kota Kediri.

Namanya Sadam Husein,  sama dengan mantan Presiden Irak, namun Sadam Husein yang satu ini tidak berkutat dengan pemerintahan dan mesin perang, melainkan tinggal di Kota Kediri dan mengoleksi sepeda tua.

Di rumahnya yang luas, disiapkan dua gudang besar berukuran 10 x 20 meter untuk menampung koleksi sepeda tua yang jumlahnya mencapai 300 lebih sepeda tua.

Koleksi sepeda tua Sadam Husein ini merupakan peninggalan orangtuanya, almarhum H Amir Fatah Abdullah yang dikenal sebagai salah satu kolektor sepeda tua terbanyak di Indonesia.

Pada masa hidupnya H Amir selaku kolektor sepeda tua sering berburu koleksi ke sejumlah daerah di Indonesia. Salah satunya dari Provinsi Papua yang masih banyak ditemukan berbagai koleksi sepeda tua buatan Belanda.

Menurut Sadam Husein, koleksi sepeda miliknya yang paling tua adalah buatan tahun 1900. Sedangkan koleksi paling muda buatan tahun 1970-an.

Beberapa koleksi sepeda tua di antaranya merk Gazele, Simplex, Humber dan Fongers.

"Sepeda tua itu unik dan untuk kesenangan," ungkap Sadam, Kamis (15/07/2021).

Diungkapkan Sadam, ayahnya semasa hidupnya memang senang berburu sepeda tua. "Seluruh kota di Indonesia pernah didatangi termasuk di Irian Jaya," ungkapnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved