Agar Tetap Segar Daging Beku Sebaiknya Jangan Langsung Disiram Air

Cara terbaik untuk mencairkan daging adalah dengan memindahkannya dari freezer ke chiller," kata Philip

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/Shutterstock
Daging beku butuh waktu untuk kembali mencairkan 

Suryatravel – Idul qurban selalu identik dengan olahan daging. Daging juga dapat disimpan dalam waktu yang lama di dalam lemari pendingin untuk menjadi stok makanan.

Namun daging yang sudah beku tidak bisa diolah sembarangan. Menurut Executive Chef Hotel Tentrem Yogyakarta Philip Walasary, daging beku harus dipindahkan ke chiller dahulu agar mencair.

"Cara terbaik untuk mencairkan daging adalah dengan memindahkannya dari freezer ke chiller," kata Philip melansir Kompas.com. Daging beku yang dipindahkan dari freezer ke chiller membutuhkan waktu selama 24-36 jam untuk mencair. Setelah sekian waktu, daging siap dimasak.

Daging beku sebaiknya tidak dicairkan dengan air. "Banyak orang yang langsung siram daging beku pakai air. Cara itu bisa membuat daging menjadi biru atau menghitam bagian luarnya," tutur Philip.

Salah satu hal penting, yaitu waktu dan temperatur pada daging dilanggar. Daging jadi menghitam, Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan mencairkan daging beku dengan air. Namun, daging yang dicairkan dengan air tidak bisa disimpan kembali dan harus segera dimasak pada waktu yang sama.

Pasalnya, daging yang terkena air membuat bakteri jadi cepat berkembang dan membuat busuk daging.  Baca Berbeda dengan daging beku dari freezer yang dipindahkan ke chiller, daging masih bisa disimpan kembali. Setelah daging dicairkan di chiller, jangan simpan daging di freezer, melainkan biarkan daging berada di chiller saja.

 "Biasanya kalau daging beku dari freezer terus dipindahkan ke chiller, masa simpan daging menjadi pendek. Paling ya dua sampai tiga hari daging sudah mulai biru," lanjutnya.  Oleh karena itu, sebelum menyimpan daging di freezer, sebaiknya potong-potong dan bungkus sesuai porsi kebutuhan. 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved