5 Minuman Tradisional Jawa Timur Mudah Bikinnya,  Menjaga Imunitas Stamina Tubuh

minuman-minuman dari Jawa Timur, seperti wedang pokak, es sinom dan tauwa, kemudian, susu telur madu jahe (STMJ) dan wedang angsle jaga stamina tubuh

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
zoom-inlihat foto 5 Minuman Tradisional  Jawa Timur Mudah Bikinnya,  Menjaga Imunitas Stamina Tubuh
suryatravel/wiwit purwanto
Wedang Pokak

Suryatravel – Di masa pandemi covid-19 ragam minuman tradisional dari berbagai daerah banyak diminati masyarakat sebagai salah satu cara menjaga stamina tubuh.

Di Jawa Timur ada banyak minuman tradisional, diantarannya ada 5 minuman yang banyak ditemukan disekitar kita dan mudah untuk membikin sendiri.

Sebut saja, minuman-minuman dari Jawa Timur, seperti wedang pokak, es sinom dan tauwa, kemudian, susu telur madu jahe (STMJ) dan wedang angsle.

Banyak sekali manfaat yang berasal dari rempah-rempah, seperti jahe dan kunyit yang jadi bahan utama dalam pembuatan minuman tersebut. Indonesia sendiri telah memanfaatkan rempah sebagai herba sejak zaman dahulu.

Dilansir dari laman Healthline,  jahe mengandung sejumlah senyawa antioksidan, antiinflamasi, antiradang, antivirus, dan antibakteri.

Karena itu, tanaman rimpang tersebut mampu membantu mencegah dan mengatasi sejumlah gangguan kesehatan, seperti mual, flu, osteoartritis, penyakit jantung, kanker, dan kadar kolesterol tinggi.

Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Khasiat kesehatan serupa juga terdapat pada kunyit. Banyak penelitian menunjukkan, tanaman pemberi warna kuning pekat itu bermanfaat bagi tubuh dan otak.  Manfaat tersebut berasal dari bahan aktif utama kunyit, yaitu kurkumin.

Nah mumpung sekarang sedang dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, tak ada salahnya mencoba minuman tradisional ini untuk membantu meningkatkan sistem imun.

1. Wedang Pokak, Minuman tradisional wedang pokak diklaim sebagian besar masyarakat sebagai salah satu minuman tradisional yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, wedang pokak menjadi pilihan masyarakat Jawa untuk menangkal virus corona.

Meningkatkan daya tahan tubuh merupakan salah satu cara untuk mencegah serangan virus Covid-19 , nah banyak makanan dan minuman sehat yang dipilih masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satunya adalah wedang pokak. wedang pokak ini juga pernah disajikan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini waktu itu di dapur umum yang dibuka untuk masyarakat di tengah masa karantina.

Dari berbagai sumber  minuman wedang pokak banyak kandungan nutrisi dan manfaat, karena minuman herbal ini terbuat dari rempah-rempah asal Indonesia. Ada beberapa versi resep untuk membuat minuman ini, 

Ada banyak resep dari untuk membuat minuman hangat ini, salah satunya dari  Dapur Teteh yang membuat wedang pokak ini dengan menggunakan bahan bahan seperti jahe, serai, kayu manis dan gula.

“Cukup mudah untuk membuat wedang pokak ini bahan bahan juga banyak tersedia di pasar tradisional,” kata Hesti dari Dapur Teteh.

Menurutnya, minuman tradisional ini banyak manfaatnya misalnya dapat mengobati masuk angin flu, meredakan batuk, menurunkan tingkat kolesterol, hingga meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

“Seperti saat ini untuk menguatkan imunitas tubuh sangat pas sekali minuman wedang pokak ini,” lanjutnya.

Untuk membuatnya bahan bahan tadi setelah dibersihkan direbus bersama sama hingga mendidih. Warna air akan berubah menjadi kecoklatan, setelah itu ditambahkan gula pasir. Selanjutnya setelah agak dingin baru disaring untuk diambil airnya.

2. Es Sinom selain berkhasiat, es sinom khas Surabaya juga memiliki cita rasa yang menyegarkan. Karenanya, minuman ini cocok bagi yang ingin minum jamu, tapi tidak suka dengan rasa pahit.

3. STMJ, pembuatan STMJ terbilang mudah, baik dari bahan baku maupun cara membuat. Tak heran, minuman ini kerap jadi andalan banyak orang dalam menjaga kesehatan.

4. Tauwa Dilansir dari Kompas.id, Selasa (11/2/2021), tauwa bukanlah minuman asli Nusantara, melainkan berasal dari China. Hal ini terlihat dari penggunaan kedelai yang diolah menjadi kembang tahu, kuliner khas Negeri Tirai Bambu.

Wedang Tauwa
Wedang Tauwa (suryatravel/Shutterstock)
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved