KRI Bima Suci Arungi Nusantara Selama 99 Hari Misi Pelayaran Kartika Jala Krida

KRI Bima Suci-945 memulai misi pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) selama 99 hari mengarungi nusantara mulai tanggal 26 Juli 202

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/Achmad Zaimul Haq
KRI Bima Suci-945 dalam Kartika Jala Krida AAL mengarungi Nusantara selama 99 hari dari Dermaga Madura Markas Koarmada II Surabaya, Senin (26/7/2021). 

Suryatravel - KRI Bima Suci-945 memulai misi pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) selama 99 hari mengarungi nusantara dimulai Senin (26/7/2021).

KRI Bima Suci membawa 226 Personil, mereka berangkat dari Dermaga Madura Markas Komando Armada II Surabaya, rinciannya 112 Taruna termasuk 12 Taruni AAL bergabung bersama 

89 orang awak KRI, 19 orang dari Satuan Latihan KJK, dan 5 orang dari Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) akan bertugas dalam misi arung Samudra Nusantara ini. 

Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto didampingi Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah melepas pelayaran KJK.

"Sebenarnya tahun ini dijadwalkan KJK untuk pelayaran luar negeri juga selama 99 hari. KJK ini untuk mengimplementasikan pelajaran di kelas. Semula akan berlayar dari Surabaya, Filipina, Korea, Jepang dan Rusia. Karena pandemi covid, KJK digelar di dalam negeri," kata Iwan.

Pengalihan layar dalam negeri itu sesuai perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono. Anggaran KJK luar negeri itupun di-refocusing untuk penanganan covid. 

Sebelum berlayar, seluruh personil lebih dulu dikarantina selama dua minggu. Tidak boleh interaksi langsung dengan keluarga. Begitu juga selama pelayaran 15 hari, disiapkan SOP khusus. 

Akan ada ruang isolasi mandiri khusus jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Termasuk juga disiagakan dokter dengan spesifikasi khusus.

Selama pelaksanaan pelayaran, KRI Bima Suci akan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Sebelum berangkat, seluruh personel Satgas KJK 2021 melaksanakan karantina selama 16 hari di kapal untuk menghindari kontak dan interaksi dengan orang lain.

Selain itu, kapal juga dilengkapi dengan PCR mobile dan ruang laboraturiom sendiri.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved