Cuaca Dingin Fenomela Alam Embun Upas Mulai Terlihat Di Ranupani

suhu dingin sebabkan embun upas fenomena alam yang sering terjadi sekitar bulan Juli – Agustus di daerah Ranupani

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/istimewa
foto Fenomena embun upas yang juga kerap terjadi di kawasan wisata Bromo 

Suryatravel – Fenomena alam embun es atau bun upas atau frost merupakan fenomena alam yang sering terjadi sekitar bulan Juli – Agustus di daerah Ranupani yang memiliki ketinggian 2.100 mdpl.

Fenomena seperti ini juga dapat di jumpai pada daerah yang berada di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang berada pada ketinggian 500 mdpl ke atas.

Fenomena ini biasanya hanya dapat dijumpai pagi hari sebelum matahari terbit dengan sempurna. di Ranupani suhu yang bisa terukur pada bulan itu adalah antara 0° Celcius – 10° Celcius.

Fenomena alam embun upas di Ranupani
Fenomena alam embun upas di Ranupani (suryatravel/@andigondronk)

Sebagai informasi, di akun Instagram TNBTS mengapa dinamakan “bun upas” oleh masyarakat Tengger, dikarenakan embun beku ini bisa mengakibatkan kematian pada tanaman apapun.

Baik tanaman penutup tanah, bibit pohon maupun pada tanaman pertanian terutama pada areal yang berada pada lembah-lembah yang terbuka dari sekitarnya hingga lereng yang tidak terlalu tinggi.

Para petani di Ranupani akan waspada bila malam harinya terasa dingin menusuk tulang. Karena pada pagi harinya para petani harus menyiram “bun upas” ini dengan air untuk menghilangkannya sebelum matahari menyinari “bun upas” tersebut.

Karena jika tidak, secara ilmiah jaringan tanaman yang terkena “bun upas” akan menjadi beku kemudian leleh atau pecah saat terkena sinar matahari dan mengakibatkan pucuk gosong, kering terus mati.
Jadi, mari kita doakan semoga hasil bumi masyarakat tengger tetap aman dan terjaga ya sahabat.

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved