Ingin Bernostalgia Dengan Motor Jadul Ada 200 Koleksi Di SMK NMC Malang

Museum Motor Classic SMK NMC simpan 200 koleksi motor jadul mulai Tahun 1930 1990, Semua motor dalam kondisi ada surat-suratnya lengkap.

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/Hayu Yudha P
Museum Motor Classic Malang simpan 200 koleksi motor jadul milik SMK NMC 

Suryatravel – Sebuah museum motor klasik ada di Malang, museum ini milik dari SMK NMC (Nasional Media Center) Kota Malang. Sekolah ini khusus membangun museum tiga lantai yang bisa menampung sekitar 200 koleksi motor klasik mulai 1930 sampai 1990.

Di  lantai satu museum ini menyimpan koleksi khusus vespa. Lantai dua berisi koleksi motor merek Honda. Di lantai tiga ada koleksi motor seperti Suzuki dan Yamaha. Ada juga motor-motor yang direstorasi.

Menurut Azhar Arkho, Ketua Panitia Soft Launching Museum Motor Classic SMK NMC pada suryamalang.com, keberadaan museum juga untuk edukasi siswa. Apalagi di SMK ini juga ada program keahlian otomotif dimana mesin-mesin motor lama tentu beda dengan motor saat ini.

"Untuk koleksinya, kami berburu secara online. Ada yang dapat dari Jakarta, Bandung dan daerah lainnya," jelas Arkho.

Semua motor dalam kondisi ada surat-suratnya lengkap. Sehingga tidak bodong. Bahkan ada STNK yang model KTP. Sedang kondisi mesinnya juga masih bagus.

Di lantai satu ada koleksi vespa langka seperti Congo. Juga ada vespa baru yang masih 0 Km.

Sedang di lantai dua yang merupakan koleksi Honda series juga ada motor Honda yang seperti dipakai Dilan yaitu Honda CB 100 atau Honda Gelatik. Serta ada motor trail warna kuning seperti yang dipakai Rhoma Irama dalam sebuah filmnya.

Motor trail ini termasuk langka. Menurut dia, guru-guru SMK yang melakukan restorasi pada motor-motor yang ada.

"Saat pandemi, guru-guru juga tetap berprestasi dan produktif. Semua dikerjakan guru SMK NMC sendiri," katanya.

Sekolah juga mendapatkan mesin dari oplet Si Doel dari keluarga Rano Karno lewat adiknya. Saat ini, untuk mengunjungi museum ini dengan lewat online.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved