Wisata Bawah Laut Pulau Morotai Koleksinya Barang Sisa Perang Milik Sekutu, Ada Jeep Tank Tempur

barang sisa perang milik Sekutu dibuang ke laut Seperti bangkai pesawat tempur, tank, kapal, maupun jeep dapat ditemukan di Wawama Wreck PUlau Morotai

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/kemenparekraf
Jeep Willys sisa perang sekutu masih utuh salah satu favorit museum bawah laut Pulau Morotai 

Suryatravel –Museum bawah laut. Wah tentunya butuh perjuangan untuk bisa melihat koleksinya. Salah satu museum bawah laut yang ada di Indonesia ada di Pulau Morotai Kepulauan Maluku.

Pada jaman perang dulu, Pulau Morotai menjadi kekuasaan Jepang pada 1942, lalu MacArthur, Panglima Tertinggi AS untuk kawasan Pasifik Barat Daya, memimpin pasukannya memasuki Morotai pada 1994 untuk merebut Morotai dari tangan Jepang.

Setelah Jepang kalah, semua barang sisa perang milik Sekutu pun dibuang ke laut. Seperti bangkai pesawat tempur, tank, kapal, maupun jeep dapat ditemukan di Wawama Wreck Dive Point pada kedalaman 25-40 meter.

“Kurang lebih ada 25 bangkai pesawat atau kapal tempur yang karam dan tersebar di 25 titik perairan Morotai, lho.,” tulis akun resmi Kemenparekraf.

Koleksi bangkai pesawat tempur di museum bawah laut Pulau Morotai
Koleksi bangkai pesawat tempur di museum bawah laut Pulau Morotai (suryatravel/kemenparekraf)

Hal ini membuat titik penyelaman Wawama menjadi yang terfavorit di antara 30 titik penyelaman lainnya di Morotai, Sob. Untuk dapat melihat peninggalan Perang Dunia II ini, Sobat disarankan untuk memiliki sertifikasi selam tingkat advanced.

Durasi penyelaman sekitar 45 - 50 menit dengan shore entry sekitar 50/100 M

Saat tiba di pintu masuk museum bawah laut ini akan disambut Jeep Willy di kedalaman 25 M . Kendaraan tempur ini tergolong kuat di masanya, dan disini masih utuh dengan kemudi masih terpasang.

Peninggalan paling terkenal adalah bangkai pesawat tempur berjenis Bristol Beufond  yang tenggelam di kedalaman 40 M. namun untuk sampai di kedalaman ini memerlukan sertifikasi menyelam advanced untuk sampai di titik ini

Gimana, Sob? Tertarik untuk menyelami museum bawah laut di Morotai ini nggak?

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved