Kampung Bendera Darmokali Mulai Ramai Pembeli Berbagai Ukuran Dan Bentuk Bendera Ada Disini

Kampung bendera Jalan Darmokali mulai tanggal 1 Agustus pembeli sudah mulai banyak. Hari ini dari pagi sampai siang juga ramai

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/M Zainal Arif
Jelang perayaan HUT RI ke-76 Kampung Bendera di Jalan Darmokali mulai ramai pembeli 

SuryatravelKampung Bendera di Jalan Darmo Kali mulai terlihat ceria, menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI Kampung Bendera ini mulai ramai pembeli.

Jelang HUT Kemerdekaan RI ke-76 masyarakat Surabaya dan sekitarnya mulai mendatangi jalan Darmokali Surabaya untuk membeli bendera.

Kegelisan para penjahit dan pedagang di kawasan yang dikenal sebagai sentra penjualan bendera akibat sepinya pembeli dibulan Juli lalu terjawab.  Kini berubah menjadi senyum sumringah seiring dengan ramainya para pembeli dibulan Agustus ini.

"Kami kaget bulan Juli kemarin sangat sepi pembeli. Tapi alhamdulillah, mulai tanggal 1 Agustus pembeli sudah mulai banyak. Hari ini dari pagi sampai siang juga ramai," kata Sejinah satu diantara penjahit dan pedagang bendera, Senin (2/8/2021).

Sudah lazim dan menjadi kebiasaan bagi warga Surabaya dan sekitarnya berburu bendera disaat momentum perayaan HUT RI di Sentra Penjualan Bendera untuk dipasangi di depan rumah-rumah warga hingga perkantoran.

"Saya sudah menyiapkan banyak bendera untuk dijual sejak bulan Januari. Semoga kondisi ramai pembeli seperti sekarang terus bertahan di bulan ini," terang Sejinah.

Menurutnya bendera dijual mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 45 ribu tergantung jenis kain dan ukuran," ungkapnya.

Menilik kebelakang, masa pandemi pada Agustus tahun lalu, rata-rata pedagang mengaku omzetnya hanya meningkat enam kali lipat dibanding hari penjualan pada hari-hari lain di waktu normal. 

"Pandemi sangat memberi dampak ya, dulu kalau satu kampung bisa habis Rp 5-6 juta sekarang tinggal separuhnya," ungkap Akrom Khozin satu diantara penjual bendera dikawasan tersebut.

Pria berusia 38 tahun ini mengaku pengurangan omset terjadi pada pembeli dari perkantoran dan hanya mengandalkan pembeli dari kampung-kampung. (M Zainal Arif)

 

 

Suasana sentra penjualan bendera yang ramai pembeli di kawasan Jalan Darmokali Surabaya, Senin (2/8/2021).

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved