Gapura Agung Makam Sunan Drajat Lamongan Akan Direvitalisasi

Pemkab Lamongan mengagendakan perbaikan bangunan gapura agung komplek makam sunan drajat yang mulai ada kerusakan

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/hanif manshuri
Komplek Makam Sunan Drajat Lamongan yang mulai mengalami kerusakan sebagian secera di renovasi 

Suryatravel - Lamongan menjadi satu diantara tempat makam Wali Songo. Makam Sunan Drajat adalah wali yang kerap dikunjungi umat Islam. 

Namun seiring perjalanan usia dari bangunan yang ada di kawasan Makam Sunan Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan Jawa Timur mulai mengalami kerusakan.

Pihak Pemkab Lamongan mengagendakan perbaikan bangunan itu. "Kita agendakan untuk direvitalisasi, " kata Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, Rabu (4/8/2021).

Rencana ini sejalan dengan  Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur, Direktorat Penataan Bangunan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sudah  memaparkan perencanaan revitalisasi.

Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur, Direktorat Penataan Bangunan, saat  pemaparan disebutkan,  bangunan di kawasan Makam Sunan Drajat yang akan direvitalisasi diantaranya adalah Gapura Agung, pagar dan kanopi beserta lantainya.

"Prioritas utama akan mengganti semua kanopi beserta lantainya, mulai pintu utama yaitu Gapura Agung sampai ke depan masjid," kata Yuhronur 

Untuk pengerjaan Gapura Agung dipastikan tidak akan dibuatkan gapura baru atau replika, karena bangunan gapura masih asli.

Pengerjaan hanya dilakukan dengan merehabilitasi bangunan asli, kecuali bagian yang sudah rusak berat akan diganti dengan material yang baru.

Sedangkan untuk bagian yang masih utuh,  nantinya hanya akan dilakukan coating menggunakan minyak atsiri sesuai rekomendasi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB).

Gapura Agung  tidak dibuat replika ulang, hanya rehabilitasi atau renovasi, terutama atapnya yang dibuatkan baru dengan kayu jati. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved