Telor Asin Bisa Untuk Bekal Dijalan Atau Stok Dirumah, Begini Cara Memilih Amati Cangkangnya

Telur asin dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan. Nah cara memilih telur asin berkualitas gampang-gampang susah

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/Istimewa
Ilustrasi Telur Asin 

Suryatravel – Telor asin, makanan satu ini kerap disimpan sebagai bekal oleh para traveler. Selain praktis dan tahan lama juga enak dimakan sebagai lauk atau sekadar camilan.

Telur asin dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan. Nah cara memilih telur asin berkualitas gampang-gampang susah. Biasanya dapat dilihat dari kulit atau cangkangnya saja. 

Jika tidak teliti dalam memilih bisa jadi mendapat telur asin yang jelek atau rasanya kurang masir.

Berikut cara memilih telur asin yang bagus mengutip dari "26 Resep Lauk Lezat Olahan Telur Asin" karya Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Lihat kulit atau cangkangnya, saat membeli telur asin matang, amati kulit atau cangkangnya. Telur asin yang bagus umumnya memiliki kulit berwarna biru muda dan tidak kusam. 

Telur asin yang kurang baik warna cangkangnya cenderung kusam dan tampak berbintik.  Selain itu, pastikan pula untuk memilih telur asin yang mulus dan tidak retak. Terutama jika ingin menyimpannya untuk stok.

2. Pilih yang agak berat, jika membeli telur asin yang masih mentah atau belum direbus, sebaiknya pilih yang terasa berat. Hal ini merupakan tanda telur asin tersebut masih baru.

Sebagai tambahan, telur asin yang bagus adalah telur yang masih berusia 10 hari dalam suhu ruangan.  Tanyakan kepada penjual perihal usia telur asin tersebut. Atau, dapat mengeceknya di label kemasannya. Barangkali terdapat tanggal produksinya. 

3. Belah telur asin, cara memilih telur asin akan lebih mudah jika sudah dibelah. Umumnya, telur asin yang bagus memiliki kuning telur yang berada tepat di bagian tengahnya.

Warnanya kuning telurnya pun tampak oranye terang dan tidak kusam.  Selain itu, tekstur kuninganya juga terasa lembut dan masir. Saat dibau, aromanya pun tidak amis atau tercium bau busuk. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved