Ruang Basemen Bangunan Cagar Budaya De Javasche Bank Cukup Sejuk. Ini Rahasianya Ada Natural AC

De Javasche Bank, yang berada di Jalan Garuda No.1 Surabaya.  De Javasche Bank menjadi saksi awal bermulanya perbankan di Indonesia.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/Sugiharto
Bangunan cagar budaya De Javasche Bank Surabaya 

Suryatravel - Mau pergi berwisata ke tempat yang murah meriah tapi mengedukasi,  di Surabaya ada De Javasche Bank, yang berada di Jalan Garuda No.1 Surabaya.  De Javasche Bank menjadi saksi awal bermulanya perbankan di Indonesia.

Tidak heran jika sebutan Surabaya sebagai  Kota Pahlawan , karena Surabaya menyimpan segudang cerita perjuangan arek-arek Suroboyo saat melawan Belanda.

Namun dibalik kenangan pahit itu, Belanda banyak  meninggalkan bangunan bersejarah, salah satunya yaitu De Javasche Bank (DJB) yang menjadi saksi sejarah panjang perbankan di Indonesia.

Bank Indonesia sempat beroperasi di Gedung DJB sambil menunggu pembangunan gedung BI yang ada di jalan Pahlawan.

Gedung ini awalnya difungsikan sebagai cabang De Javasche Bank Jakarta pada tahun 1829. Kemudian pada tahun 1953 berganti nama Bank Indonesia.

"Pada 1 Juli 1953, De Javasche Bank berubah menjadi Bank Indonesia dan secara otomatis gedung De Javasche Bank di Jalan Garuda ini beralih fungsi menjadi kantor Bank Indonesia," tutur Rizki Jayanto selaku guide De Javasche Bank .

Pada tahun 1973, gedung tersebut tak lagi digunakan karena kapasitas gedung tidak cukup memadai untuk melakukan kegiatan operasional Bank Indonesia.

"Setelah Bank Indonesia pindah, gedung ini juga sempat dipinjam oleh bank-bank lain. Dan kemudian diresmikan menjadi cagar budaya pada 27 Januari 2012," tambahnya.

Bangunan yang berdiri sejak 14 September 1829 ini terdiri atas tiga lantai. Lantai dasar (basement) digunakan untuk memajang barang-barang peninggalan.

"Basement ini merupakan pintu masuk pengunjung yang ingin melihat isi gedung. Di sini pengunjung juga bisa melihat koleksi mata uang kuno dan benda-benda lain tentang perbankan," ujar Rizki.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved