Kekayaan Alam Belitung Bikin Unesco  Terpikat, Resmikan  Geopark Belitung Sebagai Global Geopark

Geopark di Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, itu menyimpan beragam bukti evolusi bumi selama ribuan hingga ratusan jutaan tahun

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/Shutterstock
Bebatuan granit di Tanjung Kelayang, salah satu geosite yang beradi Geopark Belitung 

Suryatravel –Satu lagi Geopark di Indonesia dinobatkan  Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) sebagai Global Geopark yakni Geopark Belitung.

Penobatan tersebut menambah jumlah geopark di Indonesia yang diakui dunia. Sebelumnya, predikat serupa turut diberikan pada Geopark Batur, Rinjani, Sewu, Ciletuh, dan Kaldera Toba.

Penobatan Geopark Belitung sebagai Global Geopark lantaran punya keanekaragaman warisan geologi, biologi, dan budaya.

Geopark yang berlokasi di Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, itu menyimpan beragam bukti evolusi bumi selama ribuan hingga ratusan jutaan tahun.

Contohnya, lanskap batu granit di wilayah pesisir dan tektit langka bernama batu satam yang terbentuk akibat tumbukan meteorit.

Dari aspek biologi, Geopark Belitung merupakan rumah bagi aneka spesies tumbuhan herbal serta hewan endemik, seperti tarsius Belitong, ikan hampala, dan ikan toman.

Selain itu, lebih dari 288.000 orang dari beragam budaya, termasuk suku Sawang, juga berdiam di sana. Seluruh kekayaan itu mengartikan bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya tak perlu pusing mencari destinasi liburan seru.

Pasalnya, hal tersebut bisa ditemukan #DiIndonesiaAja. Terlebih, keunikan Geopark Belitung sudah diakui secara internasional.

Selain memberikan pengalaman menyenangkan, berlibur #DiIndonesiaAja juga membantu perekonomian masyarakat yang menggantungkan hidup dari sektor pariwisata.

Di Pulau Belitung sendiri, ada banyak pelaku ekonomi kreatif (ekraf), mulai dari bidang kuliner, kriya, hingga fesyen.

Menyibak keindahan Geopark Belitung Geopark Belitung terdiri dari daratan dengan luas mencapai 4.800 kilometer (km) persegi dan lautan seluas 13.000 km persegi. Kawasan ini dikelilingi lebih dari 200 pulau kecil.

Melansir Kompas.Com, terdapat 17 obyek wisata menarik di geopark tersebut. Lima di antaranya pantang untuk dilewatkan jika kamu berkunjung ke Pulau Belitung. Apa saja obyek wisata tersebut?

1. Batu Bedil

Pemandangan di Batu Bedil. (Dok. Belitong Geopark/Martin Lukas)

Batu Bedil berlokasi di Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk. Adapun akses menuju geosite ini memakan waktu sekitar 66 menit atau berjarak 44 km dari Bandara HAS Hanandjoeddin melalui jalan darat.

Nama obyek wisata tersebut diambil dari bahasa setempat yang memiliki arti senapan. Menurut cerita yang beredar, bebatuan di lokasi tersebut kerap mengeluarkan bunyi seperti tembakan.

Dilansir dari belitonggeopark.net, suara itu ternyata disebabkan oleh gelombang besar yang menghantam batu granit. Tak jarang, suara yang ditimbulkan bisa terdengar hingga jarak 30 km.

Banyak hal menarik yang akan wisatawan temui di Batu Bedil, di antaranya gugusan batu granit besar dan pantai cantik yang menghadap ke Laut Natuna. Panorama di Batu Bedil begitu menakjubkan.

Pasalnya, Kamu akan disuguhkan pemandangan pantai berair jernih yang menghadap ke Laut Natuna dan gugusan batuan granit besar. Selain itu, obyek tersebut juga dikenal sebagai hutan bakau dan tempat konservasi kerang raksasa Tridacna sp.

Batu Bedil
Batu Bedil (suryatravel/belitunggeopark)

2. Bukit Peramun

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved