Kekayaan Alam Belitung Bikin Unesco  Terpikat, Resmikan  Geopark Belitung Sebagai Global Geopark

Geopark di Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, itu menyimpan beragam bukti evolusi bumi selama ribuan hingga ratusan jutaan tahun

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/Shutterstock
Bebatuan granit di Tanjung Kelayang, salah satu geosite yang beradi Geopark Belitung 

Suryatravel –Satu lagi Geopark di Indonesia dinobatkan  Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) sebagai Global Geopark yakni Geopark Belitung.

Penobatan tersebut menambah jumlah geopark di Indonesia yang diakui dunia. Sebelumnya, predikat serupa turut diberikan pada Geopark Batur, Rinjani, Sewu, Ciletuh, dan Kaldera Toba.

Penobatan Geopark Belitung sebagai Global Geopark lantaran punya keanekaragaman warisan geologi, biologi, dan budaya.

Geopark yang berlokasi di Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, itu menyimpan beragam bukti evolusi bumi selama ribuan hingga ratusan jutaan tahun.

Contohnya, lanskap batu granit di wilayah pesisir dan tektit langka bernama batu satam yang terbentuk akibat tumbukan meteorit.

Dari aspek biologi, Geopark Belitung merupakan rumah bagi aneka spesies tumbuhan herbal serta hewan endemik, seperti tarsius Belitong, ikan hampala, dan ikan toman.

Selain itu, lebih dari 288.000 orang dari beragam budaya, termasuk suku Sawang, juga berdiam di sana. Seluruh kekayaan itu mengartikan bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya tak perlu pusing mencari destinasi liburan seru.

Pasalnya, hal tersebut bisa ditemukan #DiIndonesiaAja. Terlebih, keunikan Geopark Belitung sudah diakui secara internasional.

Selain memberikan pengalaman menyenangkan, berlibur #DiIndonesiaAja juga membantu perekonomian masyarakat yang menggantungkan hidup dari sektor pariwisata.

Di Pulau Belitung sendiri, ada banyak pelaku ekonomi kreatif (ekraf), mulai dari bidang kuliner, kriya, hingga fesyen.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved