Hobi Penikmat Aquaspace Keterusan Jadi Pembuat Dan Desain Aquaspace

bisnis Aquascape dari hobi. Dulu saya bukan penjual, tapi hanya sekedar hobi ternyata menjadi mata pencaharian

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/didik mashudi
Bisnis pembuatan aquaspace peluang di saat pandemi Covid-19 

Suryatravel – Hobi ketrampilan satu ini ternyata menjadi mata pencaharian. Bermula hobi sebagai penikmat Aquascape, kini Hariyanto menjadikan Aquascape sebagai sumber penghasilannya.

Bahkan di masa Pandemi seperti sekarang ini omset penjualan Aquascape yang diperoleh terus melonjak omset tertinggi bahkan mencapai lebih dari Rp 50 jutaan sebulan.

"Awal mula bisnis Aquascape dari hobi. Dulu saya bukan penjual, tapi hanya sekedar hobi," ungkap Hariyanto di kios Aquascape miliknya di Kelurahan Pesantren, Kota Kediri, Kamis (12/08/2021).

Karena sering bergaul dengan komunitas Aquascape dari sejumlah daerah, kemudian Hariyanto mencoba merintis bisnis Aquascape. 

Meski masih pemula, Hariyanto telah mengikuti sejumlah kontes Aquascape di sejumlah daerah dan menyabet berbagai jenis katagori lomba.

"Alhamdulillah respons masyarakat di Kediri sangat bagus. Dulu jualan hanya lewat online karena belum punya kios," jelasnya.

Bisnis dari rumahan itu kemudian semakin berkembang dan ia a mampu mengontrak kios untuk tempat jualan di lokasi yang strategis.

Sehingga banyak anggota komunitas Aquascape di Kediri yang berdatangan ke kiosnya. Selain sharing model dan trend penggemar Aquascape, juga berdiskusi cara pembuatannya. 

Saat awal Pandemi Covid 19, bisnis Aquascape seolah tidak terkena dampaknya. Malahan penjualan Aquascape berikut ornamennya sempat terjadi lonjakan karena banyak orang tinggal di rumah.

Namun karena Pandemi Covid 19 semakin berkepanjangan, akhirnya bisnis Aquascape lama-lama juga terkena imbasnya. 

Dalam 6 bulan terakhir ada tren penurunan sebelumnya omset mencapai Rp 50 jutaan, sekarang turun sampai 50 persen.

Komunitas Aquascape Kediri jumlahnya mencapai ratusan. Mayoritas penggemar menyukai landscape pemandangan yang natural style.

"Yang digemari seperti Aquascape  pemandangan jungle atau hutan," jelasnya.

Sementara harga Aquascape sendiri bervariasi tergantung dari desain, ukuran serta materi tanaman yang ada di dalam aquarium. 

"Harganya paling murah mulai dari Rp 200.000 sampai dengan jutaan. Tergantung dengan desain yang diinginkan pihak pemesan," tambahnya.

Hariyanto sendiri mengaku pernah membuatkan desain Aquascape dari pihak pemesan dengan ukuran panjang satu meter seharga Rp 5 jutaan komplit dengan berbagai aksesorisnya.

Hariyanto juga melayani pemesanan desain Aquascape sesuai dengan pilihan pihak pemesan. Berbagai contoh disiapkan di kiosnya termasuk jenis tanaman yang diinginkan.

Di kiosnya Hariyanto juga menyediakan berbagai jenis tanaman bawah air berikut jenis ikan untuk penghuni Aquascape. Pernik-pernik tanaman dan ikan harganya bervariasi mulai Rp 5.000 sampai Rp 50.000. 

Salah satu bahan untuk desain Aquascape yang paling banyak dicari akar pohon Rasamala yang memiliki tekstur akar serabut.

Berbagai jenis batuan kerikil juga didatangkan, sejumlah tanaman malahan berhasil dibudidayakan sendiri. "Tanaman mose dan buce saya masih mendatangkan dari Kalimantan karena budidayanya lama," jelasnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved