Momen Upacara Di Puncak Lawu Gagal, Pendaki Kecele Karena Jalur Pendakian Masih Ditutup

penghobi mendaki gunung tidak bisa merayakan 17 Agustus di gunung-gunung Pulau Jawa karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/Istimewa
Gunung Lawu dilihat dari Bukit Mongkrang Karanganyar 

Suryatravel – Penggemar wisata pendakian gunung agaknya kecewa , momen 17 Agustus biasanya dirayakan para pendaki gunung dengan upacara bendera di atas puncak, kini tidak bisa dilakukan.

Momen yang rutin dilakukan setiap tahunnya jelang hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI. Tapi kali ini rutinitas itu terhenti pada tahun 2021.

Para penghobi mendaki gunung tidak bisa merayakan 17 Agustus di gunung-gunung Pulau Jawa karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat atau Level 4.

Padahal, biasanya gunung-gunung selalu dipadati orang setiap momen 17 Agustus. Salah satunya adalah Gunung Lawu yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Melansir Kompas.com, Minggu (16/8/2020), sempat viral video pendaki yang memadati pintu gerbang pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu saat itu.

Hal itu berbeda dengan tahun ini karena seluruh jalur pendakian Gunung Lawu masih ditutup saat momen 17 Agustus 2021.

Banyak pendaki kecele Jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho merupakan salah satu rute menuju puncak gunung setinggi 3.265 meter di atas permukaan laut itu. PPKM Darurat pun membuat jalur tersebut masih ditutup selama lebih dari satu bulan sejak Sabtu (3/7/2021)

Hal itu dikonfirmasi oleh pengelola Basecamp Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho bernama Eko. “(Pendakian Gunung Lawu via Cetho untuk momen 17 Agustus 2021) Masih tutup, mas,” kata dia kepada Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Ia juga membenarkan jika dilakukan penjagaan ekstra di Basecamp Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho pada malam 17 Agustus 2021.

Eko juga menyampaikan bahwa sudah banyak calon pendaki yang kecele. Mereka tidak bisa mendaki karena jalur pendakian masih tutup.

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved