Kagum Melihat Pohon Pelangi Di Hutan Bondowoso Sudah Ada Sejak 1937

Beragam warna pada batang pohon Eucalyptus Deglupta tersebut muncul secara alami. Warna pada batang pohon itu dipengaruhi oleh proses oksidasi.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ig killjoy_93
Pohon Pelangi di kawasan hutan Bondowoso 

Suryatravel – Berjajar pohon berwarna warni di Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK), Sumberwringin, Bondowoso, pohon dengan batang berwarna-warni bak pelangi di area hutan.

Rata-rata pohon berukuran raksasa ini dengan nama latin Eucalyptus Deglupta itu setinggi sekitar 25 meter dengan diameter 1 meter.

Untuk menuju ke Hutan Pelangi, akses menuju objek  bisa dilalui dengan motor maupun mobil. Perjalanan dari pusat kota atau alun-alun RBA Ki Ronggo menuju Hutan Pelangi butuh waktu sekitar 1,5 jam.

Pengunjung asal Jombang, Reynaldi Bayu (26) mengaku baru pertama kali mengunjungi Hutan Pelangi. "Hutan Pelangi sangat indah. Batang pohonnya memiliki banyak perpaduan warna, seperti oranye, biru, dan hijau. Saya belum pernah melihat pohon seperti ini, khususnya di Jawa Timur," kata Bayu.

Pengunjung lain, Gus Kariyadi terkagum melihat keelokan Hutan Pelangi.

"Saya tahu ada Hutan Pelangi diBondowoso dari pemberitaan. Setelah membaca berita, saya penasaran dan ingin mengunjunginya," katanya.

Beragam warna pada batang pohon Eucalyptus Deglupta tersebut muncul secara alami. Warna pada batang pohon itu dipengaruhi oleh proses oksidasi.

Tenaga Ahli Biologi di Ijen Geopark Wilayah Bondowoso Rendy Setiawan menjelaskan tumbuhan Eucalyptus merupakan famili Myrtaceae (jambu-jambuan).

Karateristik famili Myrtaceae batang pohonnya akan mengalami pengelupasan. Proses pengelupasan batang pohon terjadi setiap satu minggu.

"Eucalyptus punya getah yang keluar saat batang mengelupas. Getah yang keluar itu membasahi batang tanaman. Kemudian, ada reaksi oksidasi antara getah dengan oksigen lalu menimbulkan gradasi warna," kata Rendy.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved