Wisata Pendakian Gunung Lawu Uji Coba Dibuka Melalui Candi Cetho dan Cemara Kandang

Pendakian Gunung Lawu juga mulai uji coba buka Uji coba melalui Candi Cetho dan Cemara Kandang.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
Suryatravel/Wiwit purwanto
Kabut yang datang di Lereng Gunung Lawu 

Suryatravel – Pencinta wisata pendakian gunung boleh bersuka cita karena pendakian Gunung Lawu sudah diuji coba sebagai pembukaan tempat wisata Minggu (22/8/2021).

Mengutip Kompas.com, Bupati Karanganyar Juliyatmono telah memberi lampu hijau kepada industri pariwisata kabupaten tersebut untuk bisa dibuka kembali.

“Bagi yang sudah siap uji coba, silakan sampaikan ke dinas. Nanti kita lihat seperti apa, akan kita lihat kesiapannya," kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar Titis Sri Jawoto, mengatakan tahap uji coba pembukaan tempat wisata itu sudah dimulai sejak Sabtu (21/8/2021).

Pendakian Gunung Lawu juga mulai uji coba buka Uji coba pembukaan tempat wisata di Kabupaten Karanganyar ternyata juga berlaku untuk pendakian Gunung Lawu.

Ada dua pintu gerbang pendakian menuju gunung setinggi 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu di Karanganyar, yakni melalui Candi Cetho dan Cemara Kandang.

Uji coba pembukaan jalur pendakian Gunung Lawu itu disampaikan Sukarelawan Anak Gunung Lawu (AGL) Budi Santoso kepada Kompas.com, Senin (23/8/2021).

“Sudah dibuka”, kata dia melalui pesan WhatsApp.

Meski sudah dibuka, sambung dia, ada penerapan kuota pendakian per hari. Hanya 300 pendaki saja yang boleh naik per hari. Sementara itu, pengelola jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho bernama Eko juga mengatakan bahwa jalur pendakian sudah buka lagi.

Ia menjelaskan, kuota pendaki juga sama dengan jalur Cemara Kandang, yakni 300 orang per hari. Tidak ada syarat khusus seperti kartu vaksin. Asal dan domisili pendaki yang ingin mendaki Gunung Lawu juga tidak dibatasi.

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved