Jujugan Pendaki Gunung Semeru, Desa Ranupani Masuk Nominasi 50 Desa Wisata Terbaik Se Indonesia

Desa Ranupani Lumajang masuk kategori 50 desa wisata terbaik se Indonesia setelah lolos dari 300 desa wisata versi kemenparekraf se indonesia

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/dok BBTNBTS
Suasana Desa Ranupani pos awal pendakian Gunung Semeru 

Suryatravel – Desa Ranupani  Lumajang masuk kategori 50 desa wisata terbaik se Indonesia. Sebelumnya tim dari Kemenparekraf menyeleksi  300 desa wisata di seluruh Indonesia.

Ada 7 aspek penilaian yang ditetapkan oleh dewan juri. Mulai dari aspek penilaian sosial, lingkungan dan pengembangan ekonomi.

Tak bisa dipungkiri dua kali pesona wajah desa tertinggi di Lumajang berhasil mencuri perhatian tim kurator. Setelah lolos 100 besar, kini Ranupani masuk kategori 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan nominasi itu menjadi bukti bahwa ragam pesona Ranupane selalu memikat perhatian.

Baca juga: Desa Wisata Kemiren Dan Tamansari Banyuwangi Tembus 100 Besar Nasional Ajang ADWI 2021

"Artinya begini memori orang terhadap Ranupani sudah mulai booming, terutama pendaki yang pernah ke Gunung Semeru. Respon saya tentu sangat luar biasa bangga," katanya.

Pemkab akan melakukan langkah terobosan agar daya pikat kawasan Ranupani bisa bertambah. Pihaknya dalam waktu dekat akan bergerak cepat untuk melakukan pembenahan. Seperti mengintervensi pembangunan infrastruktur yang belum tuntas, serta menyelesaikan segala dinamika persoalan.

"Tanggung jawab saya berikutnya mempercepat pembangunan infrastruktur dengan persoalan yg ada. Soal sampah, sedimentasi, pertanian tidak terasiring akan segera diselesaikan," pungkasnya. Toni Hermawan

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved