Nekat Panjat Tugu Hargo Dumilah Puncak Gunung Lawu Pendaki Ini Dihukum Tanam Pohon  

Pendaki asal Yogyakarta, yang memanjat Tugu Hargo Dumilah di puncak Gunung Lawu,dihukum menanam pohon

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/Istimewa
Tugu Hargo Dumilah Puncak Gunung Lawu 

Suryatravel – Jangan coba coba melanggar larangan yang telah ditetapkan saat mendaki gunung jika tidak ingin dihukum.

Seperti pendaki berinisial RTC asal Yogyakarta, yang beberapa waktu lalu dikecam warganet karena memanjat Tugu Hargo Dumilah di puncak Gunung Lawu,  dihukum menanam pohon.

Melansir Tribun Banyumas, Selasa (24/8/2021), hukuman itu disampaikan oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono di Kantor Setda Karanganyar pada Selasa siang.

Menurutnya, cara tersebut sebagai salah satu cara untuk memelihara Gunung Lawu.

"Kapan kamu punya waktu longgar, wujudkan rasa penyesalan itu, raketang 17 pohon, kamu tanam. Terserah, nanti ditanam di Gunung Lawu. Bisa di Cemara Kandang," ucap pria yang akrab disapa Yuli.

Selain itu, RTC diminta membuat video permintaan maaf yang diunggah ke media sosial.  Video permintaan maaf itu dinilai mengganti video viralnya yang merekam aksi ia memanjat Tugu Hargo Dumilah. 

Baca juga: Wisata Pendakian Gunung Lawu Uji Coba Dibuka Melalui Candi Cetho dan Cemara Kandang

"Saya minta tolong, karena kamu viralkan (video memanjat tugu) di media sosial, kamu juga harus unggah ulang untuk menyampaikan permohonan maaf bahwa apa yang Anda lakukan itu jangan ditiru oleh siapapun," jelas pria yang akrab disapa Yuli.

Menurutnya tindakan yang dilakukan oleh RTC dengan memanjat Tugu Hargo Dumilah harus dihindari, dan berharap kejadian itu tidak terulang pada kemudian hari.

Tindakan tersebut dapat membahayakan, apalagi jika ternyata bangunan tugu tidak terlalu kuat dan dapat ambruk saat dipanjat.

Saat berada di Kantor Setda Karanganyar, pria yang sempat diburu oleh petugas Perhutani itu mengaku bahwa dia memanjat Tugu Hargo Dumilah demi mencari sensasi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved