Pulang Kampung Ke Bogor Berburu Taoge Goreng Dan Combro Yang Bikin Rindu

Banyak sekali kuliner khas Kota Bogor ada taoge goreng dan combro oncom dijero isian oncom pedas yang selalu bikin rindu

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/wiwit purwanto
Taoge goreng khas Kota Bogor 

Suryatravel - Menyempatkan pulang ke Kota Bogor dimasa Pandemi Covid-19 tentunya tidak ingin melewatkan masa sulit untuk traveling ini untuk berburu kuliner khas kota Hujan.

Banyak sekali kuliner khas dari Kota Bogor ini, namun karena waktu yang tidak begitu banyak dan harus tetap menjaga protokol kesehatan, hanya beberapa kuliner khas yang didapat.

Untuk mengobati rasa kangen kami berburu kuliner Taoge Goreng, Combro dan Rangin Nostalgia.

Taoge goreng adalah kuliner tradisional nusantara khas bogor, yang disajikan dengan lontong  atau  ketupat yang diatasnya ada taoge, tahu, oncom, mie kuning, daun kucai, dan di siram dengan bumbu tauco yang menambah aroma khas taoge.

Yang unik meski namanya Taoge Goreng, tapi cara memasaknya tidak di goreng, melainkan di rebus di dalam nampan. Rasanya, sedikit manis, pedas, gurih, dan berasa aroma kucai dan tauco hingga yang menggugah selera..

Makanan khas ini masih menjadi salah satu jenis makanan yang banyak dicari oleh wisatawan  maupun warga Bogor.

Toge goreng yang dibeli untuk dibawa pulang akan dibungkus dengan daun patat. Daun ini sangat khas, bentuknya elips dengan bagian tengah yang melebar.

Taoge goreng dengan bungkus daun patat untuk dimakan di rumah atau oleh oleh
Taoge goreng dengan bungkus daun patat untuk dimakan di rumah atau oleh oleh (suryatravel/wiwit purwanto)

Tulang daun ini kekar dan cukup besar. Dahulu daun patat dijadikan pembungkus alami untuk membungkus bumbu dapur dan sayuran.

Penjual taoge goreng yang sudah melegenda adalah taoge goreng Mang Gebro, di Pasar Anyar Bogor. Tempat jual taoge goreng ini sudah turun temurun sejak 1967. Mungkin ada yang mengira Gebro ini adalah nama penjualnya, tapi ternyata artinya Gebro ini berlimpah, julukan yang diberikan pelanggan karena penjualnya memberikan taoge yang berlimpah.

Tempat lainnya yang juga melegenda adalah taoge goreng Hj.Omah di Jalan Jendral Sudirman Bogor sebelah Toko Roti dan Restaoran Bogor Permai. Disini merupakan salah satu tempat yang cukup terkenal di Kota Bogor.

Combro

Camilan khas Bogor ini terbuat dari parutan singkong  yang diberi isian oncom yang suah dimasak dengan bumbu pedas. Ada juga combro yang diisi dengan gula merah jadi rasanya manis.

Combro camilan khas Kota Bogor
Combro camilan khas Kota Bogor (suryatravel/wiwit purwanto)

Combro banyak ditemukan di pusat kuliner Jalan Jalan Surya Kencana Bogor. Combro sendiri adalah singkatan dari "oncom di jero" (oncom di dalam). 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved