Bronto Skylift Bersihkan Patung Monumen Jalesveva Jayamaha Di Koarmada 2 Dari Atas

Bronto Skylift dikerahkan untuk membersihkan Patung Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya), yang berlokasi di Dermaga Madura Markas Komando Armada II

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
zoom-inlihat foto Bronto Skylift Bersihkan Patung Monumen Jalesveva Jayamaha Di Koarmada 2 Dari Atas
suryatravel/Dispen AL
Mobil Bronto Skylift untuk membantu membersihkan patung Monjaya

Suryatravel - Dua unit mobil kebakaran Pemkot Surabaya dan tiga unit truk suplai air milik Koarmada II dikerahkan untuk membersihkan Patung Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya), yang berlokasi di Dermaga Madura Markas Komando Armada II, Ujung, Surabaya pada Kamis (26/8).

Untuk membersihkan patung setinggi 30, 6 meter ini, Dinas Damkar Kota Surabaya mengerahkan secara khusus mobil jenis Bronto Skylift, pabrikan Finlandia yang mampu menyemprotkan air di ketinggian 104 meter atau setara dengan gedung bertingkat 25 lantai.

Selain fungsi utama untuk memadamkan api, Bronto Skylift juga disiapkan untuk upaya penyelamatan korban kebakaran yang ada di lantai atas mengingat di Surabaya banyak gedung-gedung tinggi.

Sementara itu Patung Monumen Jalesveva Jayamahe atau yang lebih dikenal dengan patung Monjaya, selama ini telah menjadi ikon TNI Angkatan Laut serta salah satu landmark penting di sekitar Surabaya.

Pembangunannya memakan waktu sekitar enam tahun, diprakarsai oleh Laksamana TNI Muhammad Arifin.  Peresmiannya sendiri dilakukan pada 5 Desember 1996.

Monumen Jalesveva Jayamahe merupakan hasil karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta, yang menggambarkan sosok Perwira TNI Angkatan Laut berbusana Pakaian Dinas Upacara (PDU), lengkap dengan pedang kehormatan yang sedang menerawang ke arah laut, serasa siap menantang gelombang dan badai di lautan sehingga sesuai dengan motto TNI AL Jalesveva Jayamahe yang berarti Justru Di Laut Kita Jaya.

Terpisah , Pangkoarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) mengatakan bahwa kegiatan pemeliharaan dan perawatan adalah hal penting yang dilakukan terhadap semua unsur bangunan yang ada di area Mako Koarmada II, termasuk Patung Monjaya.

“Monumen Jalesveva Jayamahe menggambarkan generasi penerus bangsa yang yakin dan optimis untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia. Karenanya patut kita pelihara dan rawat sebaik mungkin sebab keberadaanya juga telah menjelma menjadi ikon TNI AL dan Kota Surabaya bahkan Jawa Timur, “ terang Pangkoarmada II mengutip koarmada2.tnial.mil.id.

Pangkoarmada II juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota Surabaya Eri Cahyadi yang telah mengirimkan mobil Bronto Skylift untuk membantu membersihkan patung Monjaya, sehingga proses pembersihan dapat dilaksanakan secara praktis dan cepat.

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved