Kembangkan Potensi Desa Wisata Di Lamongan Ada Desa Wisata Bangkok Dan Desa Wisata Soda   

Potensi desa wisata di Lamongan, Desa Wisata Telaga Sugoh Dayo(Soda)di Desa Tanggungprigel dan Desa Wisata Bangkok Kecamatan Glagah

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/hanif manshuri
wisata Telaga Desa atau Sugo Dayo (Soda) di Desa Tunggunggprigel Kecamatan Glagah 

Suryatravel – Potensi desa wisata juga menarik Bupati Lamongan Yuhronur Efendi untuk menyisir dan mengembangkan wisata desa di Lamongan.

Dengan mengendarai motor trail bersama sejumlah kepala OPD,  ia menyusuri sejumlah potensi desa wisata di Kabupaten Lamongan.

Sebelumnya sejumlah potensi untuk objek wisata sudah dijelajahi, kali ini giliran rombongan yang dipimpinnya menuju ke desa di Kecamatan Glagah.

Desa ini memiliki potensi yakni Desa Wisata Telaga Sugoh Dayo (Soda) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Telaga Soda di Desa Tanggungprigel Kecamatan Glagah.

Ia melihat berbagai fasilitas yang telah disediakan di desa wisata kebanggaan Desa Tanggungprigel tersebut dan yakin hal ini adalah prospek yang baik jika dilakukan pengembangan dengan perencanaan matang oleh  masyarakat setempat.

“Telaga Soda ini mempunyai prospek yang  baik,  karena fasilitas yang disediakan sudah bagus, pemandangannya mendukung. Saya mengajak Kepala Desa dan masyarakat setempat untuk mengembangkan desa wisata ini,” ungkap Yuhronur Efendi.

Di desa ini ia blusukan dan memotret  segala potensi dan kekurangan yang ada di desa yang ia lintasi.

Menurutnya saat ini konsep desa wisata sangat diminati karena pengunjung lebih memilih wisata natural dan itu cukup banyak didapati di desa-desa.

“Konsep desa wisata ini sedang ngetren istilhnya, banyak diminati pengunjung, " imbuhnya.

Yuhronur tidak hanya mengimbau, namun sebagai bentuk sportifitas, Pemkab juga memberikan dukungan berupa fasilitasi baik pembinaan, pendampingan bahkan fasilitasi dalam bidang pendanaan melalui BUMDes

Makanya, dalam  lawatannya ia juga  melibatkan serta Disperindag, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Diskominfo serta Bank Jatim.

Mereka yang dilibatkan sesuai dengan objek yang ada dan yang akan dikembangkan di desa tersebut.

Seperti di Desa Bangkok Glagah, ada potensi perikanan yang ternyata menjadi daya tarik sendiri yang bisa dijadikan satu paket dengan Telaga Soda di Desa Tanggungprigel.

Desa Wisata Bangkok di Kecamatan Glagah Lamongan
Desa Wisata Bangkok di Kecamatan Glagah Lamongan (suryatravel/hanif manshuri)

Warga desa itu daya inovasi tinggi, makanya, BUMDes dan Pemkab melalui OPD terkait harus bisa mendukung. Dan semuanya juga akan kembali ke masyarakat desa.

Jika setiap desa ada destinasi, maka UMKM akan tumbuh. Ada perputaran ekonomi yang cukup membantu bagi warga desa itu sendiri.

" Saya sudah ke Bangkok (Desa di Glagah), kemudian berlanjut ke wisata Telaga Desa atau Sugo Dayo (Soda) di Desa Tunggunggprigel yang juga satu  kecamatan, yakni Glagah, " katanya.

Di Bangkok ada potensi wisata ikan, sedang di Soda dilengkapi dengan sepeda air, mainan anak-anak, stand UMKM serta jajanan desa.

Soda ternyata sudah ada sejak 4 tahun lalu, dan kini lebih dikembangkan yang mampu menyedot daya tarik wisatawan lokal.

Yuhronur menambahkan, di Lamongan juga akan diwujudkan sirkuit motor trail yang menempati wilayah desa dan suasana alam yang sangat mendukung.

Sebelumnya, Yuhronur juga menapaki potensi wisata petik buah, juwet di Desa Lopang Kecamatan Kembangbahu.

“Sampai dengan saat ini tiap kecamatan di Kabupaten Lamongan telah mempunyai icon desa wisata dengan konsep yang berbeda misalnya kemarin desa wisata lopang dengan buah juwetnya, Kendallifornia, di Desa Besur dan lainnya.  Kedepan akan kita kembangkan bersama,” ungkapnya.(Hanif Manshuri)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved