Sejumlah Pusaka Kabupaten Trenggalek Di Jamas Jelang Kirab Hari Jadi Trenggalek ke -827

jamasan pusaka rangkaian awal perayaan Hari Jadi Trenggalek yang pada tahun ini akan digelar secara sederhana

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/Aflahul abidin
Jamasan Pusaka Kabupaten Trenggalek jelang Hari Jadi ke-872 

Suryatravel – Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Trenggalek Ke-827, dilakukan penjamasan pusaka dipimpin Bupati Mochamad Nur Arifin di area Pendopo Kabupaten, Senin (30/8/2021).

Pusaka-pusaka yang dilakukan penjamasan itu antara lain dua Tombak Koro Welang, Payung Tunggal Nogo, dan Panji Kabupaten Trenggalek.

Mas Ipin, sapaan akrab Bupati, mengatakan, jamasan pusaka merupakan rangkaian awal perayaan Hari Jadi Trenggalek yang pada tahun ini akan digelar secara sederhana.

Setelah “disucikan”, pusaka-pusaka itu dibawa ke Sendang Kamulan di Kecamatan Durenan dan diinapkan selama semalam.

“Besok pusaka akan dikirab, meski tidak secara ramai, untuk dibawa kembali ke pendopo,” ujar Mas Ipin.

Ia menekankan bahwa perayaan Hari Jadi Trenggalek tahun ini akan lebih sederhana dibanding tahun-tahun sebelumnya. Termasuk lebih sederhana dibanding perayaan tahun 2020 yang diperingati dalam pandemi Covid-19.

“Besok di hari H, ada prosesi yang di dalamnya ada tahlil singkat dan doa bersama. Kemudian ada peluncuran beberapa program baru Kabupaten Trenggalek,” sambung Mas Ipin.

Ia juga meminta agar Hari Jadi Trenggalek Ke-872 ini diperingati dengan semangat saling berbagi. Dengan semangat itu, ia meyakini Kabupaten Trenggalek bisa pulih dari pandemi Covid-19 yang belum juga mereda.

Setelah jamasan pusaka, bupati dan para pejabat di Pemkab Trenggalek berangkat berziarah ke makam-makam tokoh Trenggalek yang tersebar di beberapa tempat.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto menjelaskan, prosesi jamasan dilakukan dalam rangka pembersihan pusaka saban peringatan Hari Jadi Trenggalek.

“Pusaka-pusaka ini tanda prestasi Trenggalek,” ujar Sunyoto.

Meski digelar secara sederhana, kata Sunyoto, perayaan hari jadi kali ini tetap digelar sesuai tata cara tahapan yang biasanya dilakukan.(fla)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved