KA Bandara Yogyakarta Beroperasi Bikin Betah Berkunjung Ke Kota Yogya

KA Bandara menuju tengah kota ini  resmi dioperasikan melalui soft launching Kementerian Perhubungan pada Jumat (27/8/2021) lalu.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ Kemenhub
KA Bandara Yogyakarta makin memudahkan wisatawan yang plesir ke Yogyakarta 

Suryatravel – Traveling ke Daerah Istimewa Yogyakarta kini makin mudah dengan hadirnya  Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA).

KA Bandara menuju tengah kota ini  resmi dioperasikan melalui soft launching Kementerian Perhubungan pada Jumat (27/8/2021) lalu.

Dioperasikannya KA Bandara tersebut semakin mempersingkat waktu tempuh dari dan ke Kota Yogyakarta menjadi 40 menit. Adanya moda transportasi kereta api ini menambah pilihan transportasi di Yogyakarta selain taksi bandara dan bus DAMRI

Proyek ini sudah berlangsung sejak 2015 dengan uji kelayakan pada tahun yang sama. Sementara itu, pembangunan jalur kereta dilakukan pada 2019.

Pada tahap awal, kereta akan melayani 30 perjalanan dengan waktu tempuh 39 menit per perjalanan. Untuk rute, KA akan berhenti di tiga stasiun dengan head way rata-rata 60 menit.

Tiga stasiun yang melayani perjalanan KA Bandara YIA adalah Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, peluncuran KA Bandara YIA tersebut sangat menggembirakan.

“Ini kerja keras semuanya. Dalam hal ini, saya apresiasi kepada Menteri Perhubungan (Menhub) melalui proyek stategis nasional dengan total biaya Rp 1,1 triliun,” jelasnya dia dalam acara soft launching KA Bandara YIA di Kulon Progo, Jumat.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan jika kondisi penerbangan sudah normal, frekuensi perjalanan akan ditingkatkan secara bertahap sampai 56 perjalanan dengan head way rata-rata 30 menit.

Dalam kesempatan yang sama, Menhub Budi Karya mengatakan hadirnya KA Bandara YIA akan membuat orang makin betah berwisata ke Yogyakarta.

 “Kalau pandemi menurun, baru kita buat promosi yang besar karena Yogyakarta ini dari titik-titik pemandangannya itu sangat menarik,” kata Budi,

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved