KA Wisata Bikin Perjalanan Makin Nyaman Ada Ruang Rapat, Juga Bisa Reunian Segini Tarifnya  

Kereta Istimewa merupakan Kereta Rel Diesel (KRD) yang terdiri dari dua rangkaian yang berbeda, dari KA inspeksi menjadi KA komersil

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ dok PT Kai Pariwisata
Ruangan dan interior KA Pariwisata 

Suryatravel – Kereta Istimewa dari PT Kereta Api Pariwisata (KA Wisata) kini makin dilirik masyarakat sebagai salah satu alternatif untuk bepergian.

Seperti  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan ke Cirebon, Jawa Barat.

Mengutip Kompas.com Jumat (10/9/2021)  Sandiaga memanfaatkan salah satu layanan KA Wisata dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada pukul 06.40 WIB.

Kereta Istimewa merupakan Kereta Rel Diesel (KRD) yang terdiri dari dua rangkaian yang berbeda, dan telah mengalami alih fungsi dari Kereta Inspeksi menjadi Kereta Komersial.

Humas KA Wisata Ilud Siregar mengatakan, kereta ini bisa disewakan untuk dijalankan secara khusus sebagai Kereta Luar Biasa (KLB).

Kereta Api Istimewa sebagai angkutan KA Wisata
Kereta Api Istimewa sebagai angkutan KA Wisata (suryatravel/ dok PT Kai Pariwisata)

“Kereta Istimewa dapat digunakan untuk mendukung kegiatan bisnis. Seperti rapat, gathering, dan peluncuran produk baru,” katanya Jumat (10/9/2021).

Menurutnya Kereta Istimewa yang digunakan Sandiaga juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan personal bersama keluarga, sahabat, dan teman-teman seperti reuni, arisan, acara pernikahan, ulang tahun, dan lain-lain.

Nah berapa harga tiket Kereta Istimewa? Apakah bisa dibeli secara per orangan, atau harus berkelompok?

Ilud mengatakan tarif Kereta Istimewa beragam dan disesuaikan dengan beberapa hal. Misalnya adalah relasi perjalanan, jarak perjalanan, serta pilihan hari.

Wisatawan bisa pilih apakah ingin bepergian dengan Kereta Istimewa pada hari biasa, akhir pekan, periode libur panjang, atau hari libur nasional seperti lebaran, Natal, atau Tahun Baru.

Sebagai contoh, Kereta Istimewa relasi Gambir-Cirebon berkapasitas 40 orang yang ditumpangi Sandiaga yang menempuh jarak perjalanan sepanjang 214 kilometer.

“Dikenakan biaya tarif perjalanan pada masa hari biasa lebih kurang Rp 62 juta belum termasuk PPn 10 persen,” ungkapnya. Biaya tersebut, tambah Ilud, tidak dibebankan pada satu penumpang melainkan disesuaikan dengan berapa banyak penumpang yang hendak berangkat.

Misalnya, dalam satu rombongan calon penumpang Kereta Istimewa terdiri dari 40 orang. Biaya yang perlu dikeluarkan oleh masing-masing penumpang tinggal dibagi saja dari Rp 62 juta tersebut.

Sama halnya dengan satu rombongan calon penumpang yang terdiri dari 20 orang. Jika dibagi, maka masing-masing penumpang hanya mengeluarkan Rp 3,1 juta, belum termasuk biaya pajak.

Dengan harga itu  wisatawan akan dimanjakan oleh desain interior Kereta Istimewa yang modern. Tidak hanya itu, penumpang juga bisa menikmati beragam fasilitas penunjang yang menarik yang akan membuat mereka merasa nyaman sepanjang perjalanan.

“Masing-masing rangkaian memiliki fasilitas. Seperti ruangan masinis, ruang utama yang pertama dilengkapi dengan sofa, ruang utama yang kedua dilengkapi dengan area tempat duduk,” jelas Ilud

Di ruang utama kedua, area tempat duduk juga dilengkapi meja rapat yang dapat digunakan sebagai meja makan. Selanjutnya, pada bagian belakang ruangan masinis, terdapat delapan tempat duduk yang bisa dimanfaatkan penumpang.

Kemudian ada mini bar atau pantry, bagasi, mushala, toilet, dan ruang panel kelistrikan. “Pelanggan dapat menikmati sajian kuliner asli lokal di atas kereta selama perjalanan, menjelajah spot wisata yang terdapat di sepanjang jalur KA, dan mendapat pengalaman wisata sejarah dengan KA,” kata Ilud.

Tempat duduk di KA Wisata
Tempat duduk di KA Wisata (suryatravel/ dok PT Kai Pariwisata)

Terkait wisata sejarah, dia mengatakan bahwa wisatawan akan ditemani interpreter yang menceritakan sejarah perkeretaapian. Beberapa topik menarik yang akan disajikan adalah stasiun unik, serta terowongan KA yang memiliki nilai historis.

 “Perjalanan wisata dengan Kereta Istimewa menawarkan pengalaman wisata yang sangat menarik dan beyond journey. Suatu kebanggan tersendiri bagi KA Wisata dapat mengelola KLB Kereta Istimewa dengan standar VIP,” tutupnya.

Informasi lebih lanjut seputar Kereta Istimewa bisa didapat melalui situs resmi KA Wisata //kawisata.id/, media sosial Instagram, Facebook, dan Twitter yakni @kawisata, email info@kawisata.id, atau call centre pada nomor 02138902233.

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved