Indahnya Pemandangan Saat Melintas Di Tol Kahyangan Diapit Gunung Merbabu Dan Merapi

Saat melintas di Tol Kahyangan Magelang, pengendara akan disuguhkan dengan keindahan panorama dua gunung, yakni Merapi dan Merbabu.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ istimewa
Pemandangan Gunung Merbabu di Tol Kahyangan Magelang 

Suryatravel -  Jalanan di kawasan pegunungan yang dibalut dengan keindahan alam menjadikan perjalanan makin tidak membosankan. Di beberapa daerah jalanan seperti ini dikenal dijuluki dengan Tol Kahyangan.

Julukan Tol Kahyangan juga disematkan di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jalan ini menghubungkan Dusun Wonodadi di Desa Wonolelo dengan Dusun Suwanting di Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Tol Kahyangan Magelang ini berada di lereng Gunung Merbabu dan tak jauh dari jalan utama Magelang-Boyolali via Selo.

Saat melintas di Tol Kahyangan Magelang, pengendara akan disuguhkan dengan keindahan panorama dua gunung, yakni Merapi dan Merbabu.

Untuk menuju ke sana, pengunjung disarankan melalui Desa Wonolelo karena kondisi jalan sudah dicor halus dan bagus. Tanjakan dan turunan pun tidak terlalu parah. Sementara itu jika dari Dusun Suwanting di Desa Banyuroto, jalur masih merupakan jalan cor khas desa.

Kondisi jalan juga menanjak dan ada turunan cukup curam. Keindahan panorama alam sudah tersaji beberapa saat setelah meninggalkan jalan utama Magelang-Boyolali via Selo. Pemandangan terbuka ada di sebelah kanan berupa Gunung Merapi dan Merbabu yang menjulang tinggi

Panorama dataran rendah yang ada di sisi barat Merapi-Merbabu pun tampak indah dari ketinggian. Keindahan matahari terbit dapat disaksikan dari sana saat cuaca cerah.

Tampak jalan yang seolah menuju ke langit melalui punggungan Gunung Merbabu. Apabila kawasan atas sedang berkabut, maka jalan ini seolah benar-benar bisa menembus kahyangan.

Tempat ini sekarang menjadi tujuan favorit para pesepeda dan touring motor, khususnya saat akhir pekan.

Seorang pedagang bernama Kezia mengatakan bahwa Tol Kahyangan Magelang baru ramai sekitar satu bulan atau mulai akhir Agustus 2021. “Banyak orang gowes, tetapi ada juga yang touring motor,” katanya.

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved