Bingung Pilih Menu Mangut Iwak Pe Atau Ikan Asin Pedas

Mendengar kata Iwak Pe, di benak kita sudah terbayang di sajikan dengan penyetan sambal atau dimasak mangut / kotokan Iwak pe di Depot Bu Mus

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ wiwit purwanto
Mangut Iwak Pe, olahan khas Depot Bu Mus Pacarkeling 

Suryatravel – Olahan Ikan Pe atau Ikan Pari memiliki rasa dan aroma yang khas, dimasak model apa saja Iwak Pe, demikian biasa dikenal di Surabaya selalu enak dan bikin perut tak sabar untuk menyantapnya.

Mendengar kata Iwak Pe, di benak kita sudah terbayang di sajikan dengan penyetan sambal atau dimasak mangut / kotokan Iwak pe.

Siang ini cuaca cukup panas di Surabaya, dan suasana ini semakin panas ketika kami kemarin menyempatkan  mampir di Depot Bu Mus, di kawasan Jalan Pacarkeling Surabaya.

Depot yang berada di pinggir Jalan Raya ini tidak begitu besar, tapi siang itu parkiran di depan Depot Bu Mus ini penuh. Artinya para penikmat kuliner ini sedang berada di depot dan menikmati makan siang.

Di meja paling Timur dekat dinding sudah terisi, terlihat beberapa orang lahap santap siang. Di bagian tengah sebuah meja penuh dengan pilihan hidangan untuk makan siang, ala prasmanan.

Sejenak berpikir dan bingung mau pilih menu yang mana, setidaknya ada 30 an menu lauk pauk ala Suroboyoan di Depot Bu Mus ini.

Sekilas terlihat gurami masak kuning, ada juga rawon, sayur asem, sayur sop, ayam goreng ungkep, ayam goreng krispi, ada juga tumis pare, lodeh manisa, opor ayam, aneka brengkes, ikan asin pedas, ada dadar jagung dan tahu tempe serta tak kalah menarik perhatian ada mangut Iwak Pe.

Yang pasti niatan makan siang kali ini adalah menu mangut Iwak Pe, meski sedikit tergoda dengan menu yang lainnya, opor ayam dan ikan asin pedas.

Ikan Asin Pedas khas Depot Prasmanan Bu Mus Pacarkeling
Ikan Asin Pedas khas Depot Prasmanan Bu Mus Pacarkeling (suryatravel/ wiwit purwanto)

“Menu opor ayam dan ikan asin pedas ini baru kami sajikan minggu ini, sebagai variasi menu agar tidak bosan,” kata Hj Mistin, pemilik Depot Bu Mus.

Di depotnya kata Hj Mistin setiap hari ada 30 an menu lauk pauk, dan itu berganti ganti setiap hari. Seperti menu opor ayam dan ikan asin pedas ini baru ada lagi di minggu ini. “Agar yang makan disini tidak bosan, jadi ada menu yang gantian,” katanya.

Khusus mangut Iwak Pe, setiap hari ada, tapi juga tergantung dari kesediaan bahan ikannya. “Mangut Iwak Pe ini setiap hari ada, meski kadang hanya sedikit karena kesediaan bahan ikannya.” Tandasnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved